facebook

4 Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak

Ririn Indriani
4 Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak
Ilustrasi rambut perempuan. (sumber: Visualphotos)

Bahannya mudah didapat, murah dan hasilnya memuaskan.

Suara.com - Rambut berminyak disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar di kulit seseorang.

Kondisi ini cukup umum, tetapi bisa semakin parah bila di musim panas karena cuacanya yang panas sehingga tubuh berkeringat.

Jika Anda menghadapi kondisi rambut yang tidak menyenangkan ini, cobalah mengatasinya dengan cara alami seperti dilansir dari Health Me Up.

1. Teh
Teh mengandung asam tannic yang bertindak sebagai zat untuk membantu mencegah keluarnya minyak pada kulit kepala. Caranya, ambil kantong teh dan celupkan ke dalam air hangat lalu baluri secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Baking Soda
Baking soda juga dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Caranya, masukkan tiga sendok makan baking soda ke dalam satu liter air, aduk rata. Kemudian guyur ke seluruh kulit kepala secara merata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Lemon
Lemon mengandung nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan rambut. Selain itu bersifat asam dan membantu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Caranya, peras lemon lalu dibuat jus dengan campuran air sebanyak satu cangkir. Baluri ramuan tersebut ke kulit kepala secara merata, diamkan lima hingga sepuluh menit. Bersihkan dengan shampo, lalu cuci dengan air hangat hingga bersih.

4. Cuka Sari Apel
Seperti jus lemon, cuka sari apel juga mampu mengontrol kelebihan minyak pada kulit kepala. Caranya, ambil sekitar satu cangkir cuka sari apel, encerkan dengan satu liter air, lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprot ramuan tersebut sedikit demi sedikit ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Selamat mencoba!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS