facebook

Tips Wawancara di Coffee Shop

Angelina Donna
Tips Wawancara di Coffee Shop
Ilustrasi (shutterstock)

Anda sebagai kandidat jangan sampai bersikap terlalu santai.

Suara.com - Saat ini sudah banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan wawancara dengan kandidat di luar lingkungan kantor. Beberapa lokasi yang menjadi pilihan diantaranya adalah coffee shop, cafe, restoran dan masih banyak lagi.

Di mana pun lokasi wawancara berlangsung Anda wajib untuk tampil profesional dan tidak terlihat terlalu antai, dengan demikian performa dan kredibiltas tetap terjaga.
Informal namun jangan terlalu santai

Yang perlu diperhatikan adalah wawancara boleh saja berkesan informal namun Anda sebagai kandidat jangan sampai bersikap terlalu santai. tanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan persiapan atau perlengkapan seperti apa yang dibutuhkan. Hal ini penting agar Anda bisa melakukan persiapan dengan membawa portfolio atau laptop ketika user atau pihak Hr dan personalia perusahaan meminta Anda untuk menyelesaikan sebuah persoalan atau tugas.

Saat wawancara berlangsung sampaikan semua kemampuan dan pengetahuan Anda kepada pihak pewawancara. Siapkan diri Anda dengan pertanyaan seputar gaji, kesiapan tanggal mulai bekerja dan hal-hal terkait lainnya. jangan lupa untuk mencari tahu informasi serta latar belakang perusahaan sebelum wawancara dilakukan.

Jaga sikap
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh Anda saat hendak melakukan wawancara di coffee shop adalah, upayakan untuk datang lebih awal dan menginformasikan kepada pewawancara kedatangan Anda melalui sms. Jika Anda belum tahu siapa orang yang akan mewawancarai Anda, cari tahu terlebih dahulu profil orang tersebut melalui social media, dengan begitu ketika tiba di lokasi Anda dengan mudah bisa menemukan orang tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, saat waktunya memesan makanan dan minuman, biarkan pihak pewawancara untuk menyakan terlebih dahulu apa yang Anda inginkan, hindari untuk menawarkan pesanan terlebih dahulu. Perhatikan juga tata cara Anda saat mengkonsumsi makanan dan minuman saat proses wawancara berlangsung.

Berpamitan
Saat wawancara usai dilakukan upayakan untuk berpamitan dengan cara yang tepat dan tentunya profesional. Biasanya saat waktunya membayar pihak pewawancara akan membayar semua tagihan yang diberikan, namun ada baiknya bagi Anda untuk menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga. Saat waktunya pergi berikan salam kepada pihak pewawancara.

Follow-up
Usai wawancara dilakukan jangan lupa untuk megirimkan email sebagai rasa terima kasih Anda kpeada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan wawancara. Hal ini penting dilakukan agar perusahaan bisa melihat keseriusan Anda terhadap posisi yang ditawarkan oleh perusahaan.

Published by