Pameran Legacies, Duet Seniman Indonesia - Amerika

Vania Rossa | Risna Halidi
Pameran Legacies, Duet Seniman Indonesia - Amerika
Pameran Legacies. (suara.com/Risna Halidi)

Pameran berlangsung di area lobby Gedung World Trade Center II, Sudirman, Jakarta.

Suara.com - Sebuah pameran tampak sedang berlangsung di area lobby Gedung World Trade Center II, Sudirman, Jakarta, yang ditandai dengan jejeran lukisan karya para seniman.

Lukisan-lukisan itu adalah karya dari dua pelukis beda generasi dan beda negara, Jumaldi Alfi dan Adam de Boer. Jumaldi Alfi adalah seniman lukis asal Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Sementara Adam adalah seorang berkebangsaan Amerika yang memiliki darah campuran Belanda-Indonesia dan Amerika Serikat.

Dua seniman tersebut berkolaborasi dalam pameran bertajuk Legacies: Real and Imagined. "Ini adalah kolaborasi dari pelukis Amerika yang mendapatkan beasiswa di Institut Seni Indonesia. Dia (Adam) akan membawa (ilmu) yang didapatkan di sini sekembalinya dari Indonesia," kata kurator pameran Legacies: Real and Imagined, Deborah Iskandar di Jakarta, Selasa, (6/2/2018).

Pada setiap karyanya, Alfi selalu menampilkan identitas atau menjadi bagian dari komunitas kontemporer (seni) atau tradisi sejarah (seni). Sementara, Adam de Boer lebih pada karya investigasi tradisi kerajinan dan aestetik Indonesia.

Hal itu terpampang dalam beberapa karya di mana Alfi menggunakan material absurd seperti selotip pada karyanya. Sementara Adam, banyak menggunakan kerajinan tangan seperti bambu, kulit wayang, dan ukiran kayu.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menjelaskan arti dari 'seni global' untuk membayangkan dan mengklaim identitas dan kemudian menjadi warisan, nyata, dan dibayangkan. Anda yang berkantor di sekitaran situ, silakan datang untuk menikmati hasil karya para seniman ini.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS