Survei: 8 dari 10 Orang Indonesia Jual Barang Pemberian Mantan

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Survei: 8 dari 10 Orang Indonesia Jual Barang Pemberian Mantan
Ilustrasi hadiah pemberian mantan. (Shutterstock)

Apa alasannya pemberian mantan dijual? Simak temuan sebuah survei terkini.

Suara.com - Dengan alasan tak mau mengenang masa lalu, banyak orang membuang barang peninggalan mantan. Namun agar barang tersebut tidak sia-sia, sebagian lainnya memilih untuk menjualnya sehingga masih dapat menikmati keuntungan rupiah.

Fenomena ini dibuktikan oleh sebuah survei yang dihimpun mobile classifieds marketplace Carousell dari survei in-app terhadap 970 orang responden, yang menemukan bahwa 8 dari 10 orang Indonesia rela menjual barang pemberian mantan.

Mendapatkan uang tambahan adalah alasan paling populer bagi orang Indonesia untuk menjual barang mantan yakni sebesar 60 persen, alasan yang lain adalah untuk mengurangi tumpukan barang di rumah sebesar 44 persen, dan untuk melupakan masa lalu sebesar 34 persen.

Dari responden yang menyatakan bersedia menjual barang mantan, 40 persen responden mengatakan bahwa selama ini mereka hanya menyimpan barang tersebut tanpa alasan, 35 persen lainnya menyatakan masih menggunakannya, dan 20 perseb menyatakan mereka sulit melepaskan barang tersebut karena menyimpan memori.

"Menurut data internal Carousell, ada sekitar 20 ribu barang mantan yang dijual. Barang-barang tersebut berupa pakaian sebesar 70 persen, mainan 40 persen, dan buku sebesar 30 persen,” kata Olivia Lautner, Associate Country Manager, Carousell Indonesia dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Jumat (9/3/2018).

Saat ditanya apa yang akan mereka lakukan dengan uang hasil penjualan barang mantan, 22 persen responden mengatakan akan menyumbangkan uang tersebut untuk kegiatan sosial. Ada pula sebagian responden yang menjual barang-barang mantan secara online untuk mendapatkan teman baru.

Olivia menambahkan, untuk membantu orang-orang Indonesia lepas dari jeratan memori bersama mantan, Carousell Indonesia merayakan untuk pertama kalinya Hari Move On Nasional pada 12 Maret mendatang. Ia berharap anak-anak muda Indonesia bisa melepaskan barang-barang dari masa lalu berserta emosi yang menyertainya

"Kami berharap melalui program yang seru pada Hari Move On Nasional ini kami bisa mengedukasi orang untuk menjual barang bekas yang tidak lagi bermanfaat bagi mereka dan mengubahnya menjadi uang dan transaksi yang lebih berharga di Carousell," tambah Olivia.

Beberapa promo menarik dalam perayaan Hari Move On Nasional antara lain penawaran barang mantan dengan harga semua dibawah Rp 100.000 untuk 5 kategori favorit di Carousell yaitu Preloved Fesyen perempuan, Preloved Fesyen lelaki, Kesehatan dan Kecantikan, Bayi dan Anak dan Gawai.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS