Lima Fakta Kelam di Balik Sosok Walt Disney

Vania Rossa | Risna Halidi
Lima Fakta Kelam di Balik Sosok Walt Disney
Walt Disney. (Shutterstock)

Siapa sangka, di balik sukses dan tenarnya, Walt Disney punya masa lalu yang kelam.

Suara.com - Lebih dari 100 tahun nama Walt Disney identik dengan sosok seorang animator handal serta pengusaha sukses.

'Ayah' dari Mickey Mouse dan inspirasi di balik 'tempat paling bahagia di muka bumi, Disneyland' ini dicintai oleh banyak orang baik muda maupun tua.

Tetapi jangan salah, ada beberapa fakta kelam tentang Walt Disney yang membuktikan bahwa dirinya bisa jadi, tidak seperti yang terlihat selama ini.

Dilansir dari ranker.com, berikut adalah lima fakta mengejutkan tentang Walt Disney.

1. Dituduh terlibat atas kematian ibunya
Saat sukses, Walt Disney langsung membeli rumah bagi orangtuanya. Hingga suatu waktu, tungku di rumah mereka tidak berfungsi dengan baik dan membuat Walt Disney memerintahkan beberapa karyawan studionya untuk memperbaiki.

Namun terjadi kecelakaan fatal di mana tungku bocor dan masuk dalam rumah. Keesokan paginya, pengurus rumah menemukan orangtua Disney sudah dalam kondisi pingsan karena emisi beracun.

Ayah Disney berhasil pulih kembali, tetapi ibunya meninggal karena menghirup terlalu banyak gas beracun.


2. Dituduh rasis dan antisemitis
Desas-desus tentang Walt Disney adalah seorang rasis sebagian besar berasal dari stereotip rasial yang terlihat di beberapa film studio di tahun 40-an.

Ini tercermin lewat karyanya termasuk gambaran pelayan centaur hitam pada Fantasia (1940), pembunuhan gagak hitam di Dumbo (194), dan gambaran serigala di Three Little Pigs (1932) yang dianggap meniru cerita pejudi Yahudi dalam satu adegan (diubah di beberapa titik).

Disney juga mengaitkan dirinya dengan kelompok antisemitis seperti the Motion Picture Alliance yang merilis Song of the South tanpa persetujuan NAACP, dan mengundang propagandis Nazi, Leni Riefenstahl, untuk tur ke studionya.

3. Mengalami tekanan mental pada 1930-an
Walt Disney berada di bawah banyak tekanan pada awal 1930-an ketika popularitas Mickey Mouse tumbuh. Frustrasi juga terjadi akibat hubungannya dengan sang istri yang berjuang memiliki anak.

Pada 1931, setelah istrinya mengalami beberapa keguguran, Walt mengalami gangguan saraf.

4. Tanda tangan Walt Disney yang terkenal ternyata bukan tulisan tangannya
Tanda tangan Walt Disney yang sering ditemukan di segala hal berbau Disney seperti t-shirt hingga cangkir kopi adalah versi khas dari tanda tangan asli Walt Disney.

Bahkan, pada banyak item kolektor, yang diklaim ditandatangani oleh Disney, sebenarnya ditandatangani oleh stafnya. Tanda tangan yang telah begitu mudah dikenali pertama kali digunakan pada tahun 1980-an, bertahun-tahun setelah kematiannya.

5. Studio animasi pertamanya pernah bangkrut
Pada 1920-an, Disney bekerja sebagai artis komersial pada siang hari dan animator pada malam hari. Dia meyakinkan teater Kansas City untuk menampilkan animasi pendeknya yang disebutnya Laugh-O-Grams.

Karena mendapat sambutan baik, Disney memutuskan untuk mencoba membuat karya yang lebih lama dan memilih Little Red Riding Hood sebagai kisah film pertamanya dengan durasi enam menit. Laugh-O-Grams kesulitan memenuhi kebutuhan inti dan setelah memproduksi seri Alice, studio itu menyatakan diri bahwa mereka bangkrut.

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS