Punya Manfaat Segudang, Perempuan Rugi Jika Tidak Suka Pisang

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
Punya Manfaat Segudang, Perempuan Rugi Jika Tidak Suka Pisang
Ilustrasi manfaat pisang. (Shutterstock)

Pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Suara.com - Pisang memang berkalori tinggi, makanya sering dianggap sebagai buah yang bisa menimbun lemak. Padahal, itu semua tidak benar. Setelah membaca artikel ini, kamu bakal tercengang dan menyadari kalau pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Pisang merupakan buah yang kaya akan mineral, vitamin, dan serat yang bagus. Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa dari pisang, baik untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari Allwomenstalk.

Melembutkan rambut
Daripada menggunakan bahan kimia untuk perawatan rambut siap pakai yang biasa kamu beli di toko, kenapa tidak buat sendiri masker rambut dari pisang? Masker alami ini akan membuat rambut tampak luar biasa, karena pisang mengandung vitamin B dan asam folat yang sangat bagus untuk rambut. Cukup campurkan pisang yang sudah dilumatkan dengan susu dan madu, lalu oleskan ke rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci rambut. Hasilnya, rambut lebih lembut dan tampak berkilau.

Kulit kinclong
Kalau kamu ingin punya kulit berkilau, cukup tumbuk pisang dan oleskan saja ke wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air dingin. Pisang dapat menjadi pelembut kulit alami, berkat kandungan vitamin A yang mencerahkan kulit dan vitamin E yang memberikan perlindungan terhadap radikal bebas.

Menurunkan tingkat kecemasan
Pisang kaya potasium yang membantu mengurangi tingkat stres. Potasium diketahui mampu mengatur hormon stres (seperti kortisol) di dalam tubuh. Selain itu, potasium juga dapat meningkatkan kinerja mental. Jadi, coba, deh, makan pisang sebelum menghadiri pertemuan penting atau melakukan presentasi untuk mengurangi tingkat kecemasan dan membantu kamu lebih fokus.

Menurunkan berat badan
Pisang bisa dijadikan pengganti cemilan berkalori tinggi. Pisang ukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Pisang juga mengandung kromium, yang merupakan mineral yang dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meredakan migrain
Pisang sempurna untuk meredakan atau mencegah migrain (sakit kepala sebelah) berkat kandungan magnesiumnya. Mineral yang satu ini membantu meredakan migrain dalam waktu singkat.

Mencegah rabun jauh
Tak mau pakai kacamata? Makan pisang saja. Pisang kaya akan vitamin A yang akan membantu mempertahankan penglihatan normal kamu, bahkan meningkatkan penglihatan pada malam hari. Bagi yang tidak suka wortel, pisang adalah alternatif yang pas.

Mengatasi depresi
Pisang tidak hanya kaya vitamin A, tapi juga sumber vitamin B6 dan triptofan (asam amino) yang baik untuk membantu tubuh menghasilkan serotonin, hormon baik yang meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi.

Mengatur tekanan darah
Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah biasanya suka diikuti dengan masalah kesehatan lain. Kalium, mineral yang ditemukan dalam pisang, memiliki jumlah berlimpah dan mampu membantu mengatur tekanan darah dan mencegah perubahan detak jantung.

Mengatasi stres
Atasi stres dengan pisang! Berkat kandungan vitamin B9 dan tryptophan, nutrisi yang membantu meningkatkan kadar serotonin, setiap menggigit pisang kamu bakal mendapatkan anti-depresan alami yang membuat kamu merasa lebih baik.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS