Perhatikan 4 Hal Ini Agar Puasa Anda Penuh Pahala

Angelina Donna
Perhatikan 4 Hal Ini Agar Puasa Anda Penuh Pahala
Ilustrasi pasangan kekasih sibuk bermain gadget. [Shutterstock]

Selama bulan Ramadan ini akan lebih baik jika Anda mengurangi penggunaan gadget

Suara.com - Bagi umat muslim, bulan Ramadan selalu dinanti-nantikan. Bulan yang datang hanya satu kali setahun ini merupakan bulan yang penuh berkah, karena kita akan mendapatkan pengampunan dosa, rahmat dan juga pahala berkali-kali lipat.

Ketika berpuasa di bulan Ramadan, Anda akan mendapat banyak limpahan pahala. Tapi pahala tersebut bisa saja berkurang karena Anda melakukan hal-hal yang tidak baik dan bisa membatalkan puasa.

Oleh karena itu, selalu perhatikan hal-hal sepele namun penting ini agar puasa Anda nantinya bisa berjalan dengan lancar dan pahala mengalir dengan deras, seperti dikutip dari situs HaloMoney.co.id.

Selalu prioritaskan ibadah
Di bulan Ramadan, semua ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala berlipat dibanding bulan-bulan biasa. Maka sebaiknya di bulan Ramadan ini Anda lebih memprioritaskan diri untuk memperbanyak ibadah, seperti mengaji, melakukan shalat sunah, berdzikir, bersedekah, mempelajari Islam secara lebih mendalam, hingga mengamalkan hal-hal yang bermanfaat lainnya.

Baik itu ibadah dalam bentuk kecil atau besar, Allah SWT pasti akan memberikan Anda pahala dengan jumlah yang lebih banyak.

Kurangi gadget dan media sosial

Bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan gadget dan mengecek sosial media milikmu, tapi selama bulan Ramadan ini akan lebih baik jika Anda mengurangi penggunaan gadget sehingga waktumu bisa diisi dengan kegiatan beribadah dan hal yang bermanfaat lainnya.

Jika terasa berat, mulailah untuk rutin menyisihkan waktu 1-2 jam setiap harinya untuk menyingkarkan atau mematikan gadgetmu sebentar. Nantinya juga lama-kelamaan Anda akan terbiasa.

Jaga perkataan lisan
Puasa tidak hanya menahan rasa lapar, haus, nafsu, dan amarah saja, tapi juga harus bisa menjaga perkataan lisan. Anda pasti tahu istilah ‘mulutmu harimaumu’ atau istilah ‘tajam lidah daripada pedang’. Kedua peribahasa tersebut memberitahu bahaya dari perkataan lisan seseorang.

Terkadang tanpa disadari kita akan mengeluarkan kata-kata yang pedas dan tajam sehingga bisa menyakiti perasaan orang lain. Dengan menjaga lisan, Anda juga akan terhindar dari yang namanya perbuatan ghibah atau membicarakan tentang keburukan orang lain di belakang atau istilahnya bergosip. Perbuatan-perbuatan seperti adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Jadi sebaiknya tidak Anda lakukan lagi.

Menjaga kesehatan
Tak sedikit orang yang mengabaikan kesehatan mereka selama berpuasa. Meski dengan berpuasa Anda bisa mendetoks tubuh, tapi bukan berarti tubuhmu bisa langsung sehat bugar ketika berpuasa. Ingat ketika sedang berpuasa, Anda pasti akan mudah tergiur oleh makanan dan minuman sehingga pada saat berbuka puasa Anda akan bisa dengan lahap menghabiskan semua makanan yang ada di depanmu. Kita sering menyebut hal ini dengan kata ‘balas dendam’ atau ‘kalap’.

Detoks tubuh saat puasa akan menjadi percuma jika Anda makan dan minum sembarangan. Usahakan untuk selalu makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah saat berbuka atau sahur serta minum air putih yang cukup. Hindari junk food dan makanan kemasan ketika sahur karena akan membuat Anda merasa haus saat siang hari.

Selain menjaga makanan dan minuman, Anda juga harus beristirahat yang cukup. Hindari begadang karena Anda harus bangun sahur. Jangan lupa untuk selalu berolahraga meski sedang berpuasa. Justru dengan berolahraga, metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga kecil tapi rutin seperti jalan santai. Sebaiknya lakukan olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka atau ketika malam hari setelah melakukan shalat tarawih.

Published by

 

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS