Ternyata Cleopatra Tak Pernah Terkenal Karena Kecantikannya

Vania Rossa
Ternyata Cleopatra Tak Pernah Terkenal Karena Kecantikannya
Ilustrasi piramida, Cleopatra, pizza. [Shutterstock]

Pada zamannya, Cleopatra lebih terkenal karena kepintarannya.

Suara.com - Siapa tak kenal Cleopatra. Perempuan yang disebut-sebut paling berpengaruh dalam sejarah peradaban Mesir Kuno ini dikenal dunia karena kabar kecantikannya yang membuat banyak lelaki takluk di pelukannya. Tapi tahukah kamu kalau pada zamannya, ternyata Cleopatra tak pernah terkenal karena kecantikannya. Saat itu, ia justru lebih populer karena kepintarannya.

Hingga saat ini, Cleopatra masih menjadi sosok misterius di mata dunia. Ada beberapa fakta menarik tentang Cleopatra yang mungkin kamu belum tahu.

Ratu Mesir ini bernama asli Cleopatra Thea Philopathora. Lahir pada 69 SM, Cleopatra meninggal di usia 39 tahun. Dikutip dari laman MSN, nama Cleopatra mengandung arti 'kemuliaan ayah', Thea berarti 'dewi', dan Philopathora bermakna 'kecintaan ayahnya'.

Dikatakan bahwa Cleopatra adalah anak dari hasil perkawinan inses atau hubungan antar saudara. Diyakini, orangtua Cleopatra adalah kakak beradik. Pada zaman kuno, sudah jadi hal yang biasa bagi bangsawan untuk menikahi kerabatnya demi menjaga kemurnian garis keturunan.

Semasa menjadi Ratu Mesir, Cleopatra juga merupakan salah satu perempuan terkaya pada masanya. Diperkirakan jumlah kekayaannya bernilai sekitar USD 100 miliar jika dihitung dengan kurs saat ini. Wow!

Lalu, apa lagi fakta menarik Cleopatra lainnya?

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS