Praktis, Tapi Tisu Pembersih Wajah Bisa Memicu Jerawat

Vania Rossa
Praktis, Tapi Tisu Pembersih Wajah Bisa Memicu Jerawat
Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah. (Shutterstock)

Tisu pembersih wajah sebaiknya hanya dipakai sesekali saja.

Suara.com - Jika zaman orangtua kamu dulu membersihkan wajah lebih banyak mengandalkan celansing milk atau susu pembersih, zaman modern ini banyak perempuan lebih memilih cleansing wipe alias tisu pembersih wajah untuk menghapus kotoran dan sisa kosmetik. Praktis, sih, tapi tisu pembersih wajah tidak disarankan untuk digunakan secara rutin.

Archana Sangha, asisten dokter bersertifikat di Anne Arundel Dermatology di Virginia, menjelaskan bahwa tisu pembersih wajah memang dapat menghapus make up dan kotoran di wajah Anda, tetapi tidak semuanya. "Masih ada residu yang tersisa di kulit," katanya seperti dilansir dari laman HuffPost.

Tisu pembersih wajah juga tidak sepenuhnya efektif menyingkirkan minyak berlebih, sehingga jika digunakan setiap hari malah bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, yang dapat menyebabkan jerawat. Dalam pengalamannya, Sangha memerhatikan bahwa pasien berjerawat yang datang kepadanya memiliki kebiasaan membersihkan wajah dengan tisu atau air saja.

Tisu pembersih wajah bisa digunakan sesekali, sebagai alternatif ketika Anda tidak sedang travelling atau tidak membawa sabun pembersih wajah.

Dokter kulit Dr. Craig Kraffert menyuarakan pendapat yang sama, bahwa meski tisu pembersih wajah dapat membantu menghapus kosmetik, minyak, dan debu dari kulit, tisu pembersih wajah akan meninggalkan lapisan atau residu pada permukaan kulit. Akibatnya, Anda berisiko mengalami masalah seperti kulit kering, sensitif, iritasi, atau reaksi alergi. Jadi, jangan sering-sering mengandalkan tisu pembersih wajah, ya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS