Baru! Pasar Puti Maifat Tambah Deretan Destinasi Digital GenPI

MN Yunita
Baru! Pasar Puti Maifat Tambah Deretan Destinasi Digital GenPI
Peresmian destinasi digital Pasar Puti Maifat, Minggu (9/12/2018).(Dok: Kemenpar)

Setiap minggu,destinasi digital ini juga akan rutin menggelar pertunjukan seni tradisional.

Suara.com - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) terus menambah destinasi digital di seluruh Indonesia. Terbaru  giliran Pasar Puti Maifat yang diresmikan, Minggu (9/12/2018). Destinasi ini berada Rokan Hulu, Pekanbaru, Riau.

"Keberadaan Pasar Digital Maifat kian menambah deretan pariwisata yang ada di Tanah Pekanbaru. Pasar ini dibuka setiap Sabtu dan Minggu. Dengan pasar ini diharapkan makin menambah laju pariwisata Roman Hulu," ujar Kepala Dinas Rokan Hulu, Yusmar.

Seperti destinasi digital lainnya, pada pembukaannya Pasar Puti Maifat langsung menggebrak dengan berbagai acara.  Atraksi Silek Bungo tampil begitu atraktif menyambut Lara tamu yang datang. Begitu juga penampilan Tari Puti Maifat yang merupakan ikon dari Desa Aliantan, Rokan Hulu.

"Dari tarian inilah nama destinasi digital ini diambil. Sebuah tarian ikonik Desa Aliantan. Dalam tarian ini mengisahkan sedikit perjalanan dari tokoh Puti Maifat tersebut. Tujuannya untuk menciptakan rasa cinta terhadap sejarah dan perjuangan, kemudian dalam acara ini terdapat atraksi rakyat berupa lukah gilo (sejenis alat pencari ikan yang di mainkan menggunakan ghaib sehingga bisa bergerak kian kemari)," bebernya.

Berbagai peninggalan sejarah Riau juga ditampilkan pada pembukaan Pasar Puti Maifat. Dari mulai keris, pakaian Santano mudo (pakaian penjaga pribadi puti maifat) serta beberapa benda pusaka lainnya yang ada di daerah Aliantan.

"Kita juga menampilkan sepuluh makanan khas yang ada di Desa Aliantan. Kuliner-kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan kental dengan makanan Melayu Riau. Jadi yang penasaran silahkan sambangi Pasar Puti Maifat di Roman Hulu," tutupnya.

Ketua GenPI Nasional, Masyur Ebo mengakui jika saat ini banyak yang makin penasaran dengan hebohnya destinasi digital besutan GenPI. Pasalnya pasar-pasar ini heboh di media sosial khususnya instagram dan menarik perhatian warganet Indonesia.

Setiap edisi pasaran pasti ada trending topic, on event dan post eventnya pun gak kalah heboh. Coba cek #destinasidigital #genpi #pasarkaretan #pasartahura atau #pasarpancingan misal, pasti akan nemu yang heboh dan menarik.

"Pasar Digital besutan GenPI ini memang menjadi bukti bahwa komunitas ini berjalan. Tidak hanya berkegiatan di media sosial, tapi komunitas ini mampu menerapkan creative value dan memanfaatkan media sosial dalam berpromosi," jelas Ebo.

Lebih lanjut Ebo mengatakan, destinasi digital ini juga menjadi wadah generasi muda untuk mengekpresikan bakat seni serta melestarikan nilai-nilai budaya.

"Di destinasi digital tidak hanya untuk foto-foto saja. Karena tiap minggu rutin digelar pertunjukan seni tradisional. Misalnya tarian daerah, permainan-permainan tradisional dan juga musik dari anak-anak muda. Ya contohnya dipembukaan Pasar Puti Maifat ini," sebut Ebo.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutarakan destinasi digital menjadi cara cerdas buat menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Terlebih Indonesia merupakan negara pertama yang memilik destinasi digital.

“Tak bisa dipungkiri bila era digital dibutuhkan oleh siapapun termasuk pariwisata Indonesia. Melalui digital maka dengan cepat keindahan Tanah Air terekspos dengan baik. GenPI mewujudkan itu dengan destinasi digitalnya. Selamat untuk GenPI Roman Hulu. Salam Pesona Indonesia," pungkasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS