Seberapa Sering Harus Membersihkan Barang-Barang di Rumah?

Vania Rossa
Seberapa Sering Harus Membersihkan Barang-Barang di Rumah?
Ilustrasi membersihkan kulkas. (Shutterstock)

Ada yang harus dibersihkan setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali.

Suara.com - Seberapa sering Anda membersihkan barang-barang yang ada di rumah? Kulkas, kompor, karpet, hingga tempat tidur, adalah beberapa benda yang kerap disinggahi banyak kuman dan kotoran.

Nah, supaya kuman dan kotoran tak terjebak terlalu lama di sana, berikut rangkuman mengenai seberapa sering Anda harus membersihkan barang-barang yang ada di rumah, seperti yang dilansir dari laman WebMD.

Kulkas
Sisa-sisa makanan di setiap sudut rak kulkas dapat menimbulkan spora jamur. Untuk menghilangkan dan mencegah kuman tumbuh, kosongkan kulkas setiap tiga hingga empat bulan sekali. Bersihkan seluruh sudut kulkas dengan larutan soda kue. Lalu bilas dan biarkan hingga kering sebelum mengisi kulkas lagi.

Lantai dapur
Idealnya, lantai dapur disapu dan dipel setiap hari, karena dapur pastilah digunakan setiap hari untuk memasak. Pastinya, akan selalu ada tumpahan minyak, ceceran makanan, atau sampah makanan lainnya di sana. Dan setiap minggu, bersihkan lantai dapur dengan agak seksama menggunakan cairan pembersih antikuman.

Furniture rumah tangga
Furniture atau perabotan rumah tangga sebaiknya dibersihkan setiap satu bulan sekali. Kecuali, jika ada tumpahan atau sesuatu yang membuatnya kotor, maka harus segera dibersihkan saat itu juga. Gunakan lap, atau penyedot debu untuk sofa.

Sikat gigi
Umumnya, sikat gigi harus dibersihkan setiap kali dipakai, dan diganti setiap tiga bulan sekali. Namun, jika bulunya sudah terlihat mengalami kerusakan, Anda tak perlu menunggu tiga bulan, segera ganti dengan yang baru.

Handuk
Kebanyakan orang cenderung mencuci handuk jika sudah terlihat kotor. Padahal, handuk seharusnya dicuci setelah tiga hingga empat kali pemakaian, atau setiap dua hari sekali. Setelah digunakan, handuk yang basah sebaiknya digantung di tempat yang terkena udara supaya tidak berjamur atau ditumbuhi bakteri.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS