Ini yang Harus Dilakukan Suami Istri Jika Kerap Berdebat soal Uang

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Ini yang Harus Dilakukan Suami Istri Jika Kerap Berdebat soal Uang
Ilustrasi suami istri bertengkar. (sumber: Visualphotos)

Sebagai pasangan, duduk dan diskusikan tujuan finansial jangka panjang

Suara.com - Berdebat soal uang bagi suami istri sebetulnya sangat normal. Tetapi, perbedaan pendapat sering membuat hubungan jadi tegang, apalagi kalau sering terjadi.

Namun, untuk mencapai kondisi keuangan yang stabil dan aman suami-istri harus melakukan beberapa hal. Seperti dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (18/1/20190 ini langkah-langkah mencapai kondisi keuangan yang aman dalam pernikahan.

Sering-sering membahas soal uang

Bersikap terbuka tentang keuangan pribadi adalah salah satu dari beberapa langkah yang harus dilakukan setiap pasangan. Beberapa orang merasa tidak nyaman mendiskusikan keuangan dengan pasangannya. Mungkin karena mereka tumbuh dalam keluarga di mana membicarakan soal uang adalah hal tabu, atau mungkin malu dengan kondisi keuangannya. Apa pun alasannya, penting bagi pasangan untuk membicarakan utang, pendapatan, dan tujuan keuangan. Dengan cara ini, pasangan suami-istri dapat bekerja sama menyelesaikan masalah keuangan dalam hubungan.

Mulai menabung

Jika Anda dan pasangan tidak memiliki dana atau rekening pensiun, buat resolusi untuk mulai menabung. Rencanakan untuk cadangan tunai 3 hingga 6 bulan.

Investasi lebih banyak

Mungkin Anda dan pasangan memiliki rekening tabungan dan dana pensiun. Namun itu belum tentu bisa meng-cover keuangan pada masa depan. Perbanyak investasi dan turunkan gaya hidup.

Bayar utang

Terlalu banyak utang dapat menurunkan skor kredit Anda. Anda dapat menegosiasikan limit yang lebih rendah dengan perusahaan kartu kredit, membayar lebih dari pembayaran minimum dan berhenti menambah utang baru. Cari cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan, dan gunakan uang untuk pembayaran utang.

Buat anggaran keuangan

Membuat anggaran mungkin tampak seperti tugas yang membosankan, tetapi jika Anda terus-menerus belanja dan kekurangan setiap bulan, anggaran atau rencana pengeluaran dapat meringankan kedua masalah tersebut. Buat daftar pokok pengeluaran dan pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tanpa anggaran, berisiko bakal ada pengeluaran ekstra.

Buat rencana keuangan

Setiap orang membutuhkan rencana keuangan. Sebagai pasangan, duduk dan diskusikan tujuan finansial jangka panjang dan jangka pendek. Selanjutnya, buat strategi untuk mencapai tujuan itu. Juga, tidak ada salahnya untuk membuat janji dengan perencana keuangan professional.

Jangan takut bersenang-senang

Menyimpan dan melunasi utang adalah penting dan dapat meningkatkan keuangan. Tetapi pada saat yang sama, jangan takut untuk berbelanja  royal dan bersenang-senang sedikit. Buat anggaran untuk menghibur diri, entah itu belanja kecil-kecilan atau perawatan diri.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS