Yang Hobi Travelling, Coba Simak Dulu 6 Kelebihan Kartu Kredit Ini

Arsito Hidayatullah
Yang Hobi Travelling, Coba Simak Dulu 6 Kelebihan Kartu Kredit Ini
Ilustrasi liburan, travelling bersama keluarga. (Shutterstock)

Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan kartu kredit untuk menghemat pengeluaran travelling.

Suara.com - Apa Anda termasuk orang yang hobi travelling? Selain sebagai obat penghilang stres, travelling kini juga sudah jadi bagian dari gaya hidup. Namun, tak sedikit orang sering mengurungkan niatnya jalan-jalan karena bujet terbatas.

Jangankan pergi ke luar negeri, biaya jalan-jalan ke luar kota saja cukup menguras isi dompet. Untungnya, saat ini telah tersedia kartu kredit yang diperuntukkan khusus bagi yang suka travelling.

Sekarang Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan kartu kredit untuk menghemat pengeluaran selama travelling. Kelebihan apa saja yang akan didapatkan? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Banyak Promo Tiket yang Menggiurkan

Mau liburan ke luar negeri, tapi selalu tertunda karena bujet terbatas? Jangan khawatir, sekarang banyak sekali maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket pesawat yang menggiurkan bagi yang bermimpi menghabiskan liburan di luar negeri.

Misalnya, penerbangan pulang-pergi dari Jakarta-Amsterdam yang biasanya Rp 15 jutaan, dengan kartu kredit bisa saja mendapatkan harga hanya Rp 9,5 jutaan per orang untuk kelas ekonomi. Cukup hemat, kan?

Agar lebih hemat lagi, tukarkan poin yang selama ini telah dikumpulkan dari kartu kredit yang Anda punya, untuk mendapat berbagai promo menarik. Bahkan apabila poin mencapai jumlah tertentu, Anda bisa saja mendapatkan tiket pesawat gratis.

2. Gratis Akses ke Airport Lounge Tertentu

Kondisi lounge atau ruang tunggu bandara di luar negeri sangat nyaman. Lounge ini biasanya hanya diperuntukkan bagi penumpang kelas bisnis atau kelas satu saja.

Tapi sekarang, penumpang kelas ekonomi juga dapat mengakses lounge tersebut dengan syarat menunjukkan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank. Fasilitas lounge gratis dapat dinikmati oleh nasabah dari kartu kredit tertentu.

Maka dari itu, perhatikan benefit atau keuntungan yang ditawarkan bank, sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit. Pastikan bank yang Anda pilih memberikan keuntungan maksimal dalam urusan travelling.

3. Dapat Makanan dan Minuman Gratis

Makanan yang ditawarkan di lounge bandara di luar negeri sangat variatif dan lezat. Anda dapat menikmati makanan dan minuman di sana secara gratis. Jika Anda ingin makan di restoran yang ada di bandara, cukup membayar dengan harga miring apabila bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Promo dan diskon yang ditawarkan kartu kredit cukup ampuh untuk berhemat selama travelling. Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini ingin travelling, jangan lupa manfaatkan kartu kredit Anda saat bertransaksi.

4. Gratis Upgrade Kelas Penerbangan

Mimpi naik pesawat kelas bisnis? Sekarang itu dapat dengan mudah terwujud. Saat ini, bank penerbit kartu kredit telah menyediakan fasilitas upgrade kelas penerbangan secara gratis, dari kelas ekonomi ke kelas bisnis, atau dari kelas bisnis ke kelas satu.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa menukarkan poin atau rewards kartu kredit yang terkumpul. Upgrade kelas penerbangan dapat dilakukan di bandara ketika Anda check-in untuk rute penerbangan domestik maupun internasional.

Datanglah ke bandara lebih awal dari biasanya untuk menanyakan informasi seputar penukaran rewards atau mileage dengan kelas penerbangan.

5. Berfungsi untuk Pembayaran Nontunai

Kartu kredit dapat digunakan untuk pembayaran nontunai di beberapa merchant tertentu di luar negeri. Fasilitas ini sangat menguntungkan, terutama saat Anda berbelanja barang-barang bermerek dan langka, tapi tidak mempunyai uang tunai yang cukup untuk menyelesaikan transaksi.

Selain pembayaran nontunai, kartu kredit pun dapat digunakan untuk penarikan tunai sesuai mata uang yang digunakan di negara yang Anda kunjungi. Namun, biaya penarikan tunai ini cukup mahal. Agar tetap hemat, sebaiknya lakukan penarikan tunai dalam jumlah yang besar sesuai kebutuhan selama liburan.

6. Anda Berhak Mendapatkan Bonus Loyalti

Anda akan mendapatkan bonus berupa loyalti setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit. Bonus loyalti yang diberikan bermacam-macam, sesuai dengan kebijakan dari masing-masing bank penerbit.

Misalnya, kartu kredit Bank Mega memberikan loyalty sebesar 10 ribu mileage jika nasabah melakukan transaksi minimum Rp 15 juta dalam 3 bulan pertama. Setelah itu, nasabah berhak mendapat bonus tambahan 10 ribu mileage apabila transaksi mencapai Rp 120 juta dalam setahun.

Bonus loyalti yang diberikan memiliki masa berlaku dalam periode tertentu. Pastikan kamu menukarkan loyalty tersebut sebelum masa berlakunya habis.

Pastikan Kartu Kredit Mendapat Izin Akses di Luar Negeri

Beri tahu pihak bank jika Anda ingin travelling ke luar negeri, agar pihak bank segera membuka akses ke negara yang dituju, sehingga Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk menyelesaikan transaksi. Selain itu, pihak bank juga akan membantu Anda dalam memantau seluruh transaksi kartu kredit untuk menghindari terjadinya penipuan selama travelling.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Traveller Wajib Punya Kartu Kredit Ini, Kenapa?

Inilah Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit

Lebih Untung Mana Sih, Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS