Tingkatkan Kualitas Kopi Asli Indonesia, Ini Tips Bagi Petani Kopi

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Tingkatkan Kualitas Kopi Asli Indonesia, Ini Tips Bagi Petani Kopi
Petani kopi perhatikan hal ini agar kualitas kopi Indonesia meningkat. (Sumber: Shutterstock)

John Lee keliling Indonesia untuk berbincang dengan petani kopi, demi meningkatkan kualitas kopi Indonesia. Apa hasilnya?

Suara.com - Tingkatkan Kualitas Kopi Asli Indonesia , Ini Tips Bagi Petani Kopi

Kopi yang baik dan berkualitas harus dimulai dari green bean. Untuk mendapatkan green bean yang baik di Indonesia, Master Roaster Tanamera Coffee, John Lee mengungkap, jika dirinya harus berkeliling Indonesia menjalin kerjasama dengan petani lokal untuk menciptakan varian kopi nusantara yang layak.

Menurut John, pengawasan dari hulu hingga hilir menjadi hal yang wajib agar biji kopi yang dihasilkan memang benar-benar yang terbaik. Ia harus memberi arahan dan edukasi terhadap petani sebagai mitra di daerah.

"Meskipun terkadang situasi dan permintaan di kebun kopi berbeda, tapi tantangannya memang edukasi petani. Mereka sudah ada fasilitasnya tapi belum ada edukasi mengenai proses roasting kopi. Kadang kalau potensinya sudah bagus, saya bantu ke yang lain, misalnya pupuk," ujar John, lelaki asal Korea Selatan yang cinta dengan kopi Indonesia saat ditemui acara ulang tahun Tanamera Coffee Ekspansi Pasar Asia, di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

John melanjutkan, perlu adanya motivasi dari para petani kopi itu sendiri, agar mereka mau berpikiran terbuka, menjaga dan mau belajar memproduksi kopi secara benar untuk menghasilkan kualitas yang bagus, bukan hanya sekedar kuantitas besar.

Salah satunya, kata John, petani harus memetik green bean berwarna merah untuk mendapatkan biji kopi berkualitas. sementara selama ini, banyak petani yang asal memetik biji kopi, meskipun warnanya masih hijau.

"Selama ini banyak yang tidak peduli dengan kualitas green bean. Makanya sedih sekali. Kalau orang international datang, liat begitu mereka ngga mau beli. Saya terus datang lihat, saya edukasi mereka bahwa petik yang merah," ujarnya.

Hal ini, kata John demi membuat kopi nusantara yabg unik bisa lebih dikenal dan masuk ke pasar international. Apalagi, kopi Indonesia memang memiliki perbedaan tanah dari Sabang sampai Merauke yang membuatnya lebih berkarakter dibanding negara lain.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS