Hasil Riset, Wanita Berpakaian Kayak Begini Lebih Mudah Naik Jabatan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Hasil Riset, Wanita Berpakaian Kayak Begini Lebih Mudah Naik Jabatan
Ilustrasi perempuan bekerja, wanita karier. (Shutterstock)

Pakaian seperti apa yang bikin lebih mudah naik jabatan?

Suara.com - Masalah naik jabatan semestinya memang dinilai melalui hasil kerja keras dan ketekunan dalam bekerja. Namun, jangan sampai lupa kalau penampilan juga menjadi faktor penunjang kesuksesan karier.

Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa cara berpenampilan mempengaruhi jenjang karir, terutama pada pekerja wanita. Ada sebuah riset terbaru soal cara berpakaian wanita karier yang dianggap membuat mereka mudah naik jabatan.

Sebelumnya, riset menunjukkan jika kebanyakan wanita yang berdandan di kantor bakal menerima penghasilan yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Cara berpakaian yang juga dapat meningkatkan percaya diri dan membuat wanita lebih sukses dalam pekerjaan. Riset ini sebenarnya mengungkap fakta yang bisa dibilang cukup menyedihkan.

Dilansir dari Bussines Insider, wanita hingga kini masih dilihat dan dinilai berdasarkan penampilan di tempat kerja. Jadi, wanita yang pakai rok pendek atau blus berkerah rendah relatif akan membuat mereka lebih mudah naik jabatan.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Surrey. Dalam riset ini, sebanyak 24 wanita yang baru lulus kuliah diminta untuk berpakaian layaknya orang kantoran dan seksi.

Foto mereka kemudian ditunjukkan kepada 500 partisipan, termasuk mahasiswa, profesor dan orang dewasa lainnya. Para partisipan pun diminta menilai para wanita tersebut, seberapa kompeten, dan seberapa pantas pakaian yang dikenakan.

Ilustrasi wanita karir. [Shutterstock]
Ilustrasi wanita karir. [Shutterstock]

Hasilnya, wanita yang mengenakan blazer dan celana atau rok panjang dinilai lebih tinggi daripada yang mengenakan busana atau rok pendek, atasan berkerah rendah, dan high heels. Para mahasiswa menganggap pakaian terlalu seksi bisa berpengaruh butuh terhadap karier.

Namun tanggapan berbeda dilayangkan oleh profesor dan orang dewasa lainnya. Mereka justru beranggapan bahwa wanita yang berpakaian lebih seksi lebih mudah diterima bekerja dan dipromosikan.

''Sering dianggap bahwa bagaimana kita berpakaian adalah refleksi dari kerpibadian kita. Tapi ini mungkin tidak terjadi pada wanita, mengingat mereka selalu dinilai berdasarkan penampilan dan kesimpulan tidak patut itu menempel pada mereka, termasuk dalam hal inteligensi dan kemampuan profesional,'' tutur Fabio Fasolu, dosen psikologi sosial di University of Surrey.

Walaupun riset ini membuktikan wanita yang memakai pakaian seksi lebih mudah naik jabatan, tentu Anda tak harus mengikutinya hanya demi mencapai posisi tinggi di perusahaan.

Percayalah semua usaha dan dedikasi maksimal terhadap perusahaan serta sikap profesional yang baik, tak akan mengkhianati hasil.

Meski begitu, menjaga penampilan yang rapi dan sopan harus terus diperhatikan. Bagaimanapun penampilan Anda akan masuk dalam penilaian kepribadian juga sehingga jadi salah satu poin pendukung untuk promosi dan naik jabatan. (DewiKu.com/Kintan Sekarwangi)

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS