Ini Cara agar Belanja Tetap Asyik di Bulan Ramadan

Arsito Hidayatullah
Ini Cara agar Belanja Tetap Asyik di Bulan Ramadan
Tips belanja bulan Ramadan jelang Lebaran. (Shutterstock)

Aktivitas belanja di pertokoan saat berpuasa di bulan Ramadan bisa melelahkan, meskipun sebenarnya bisa saja tetap mengasyikkan.

Suara.com - Beribadah puasa di bulan Ramadan biasanya tidak akan menyurutkan minat masyarakat untuk melakukan aktivigtas belanja. Banyaknya promo dan potongan harga selama bulan puasa tentu menjadi salah satu dorongan kuat untuk tetap berbelanja, meski tenaga yang dimiliki lebih terbatas dibanding hari-hari biasa.

Bertambahnya keperluan selama Ramadan hingga menjelang Lebaran, seperti membeli kurma, parsel, dan pakaian, merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat tetap berbelanja meski sedang berpuasa. Namun jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan prima, maka besar kemungkinan untuk mengalami rasa lelah, dehidrasi, bahkan pingsan saat sedang berbelanja.

Agar puasa tidak menjadi halangan saat berbelanja, berikut tips-tips agar kegiatan belanja tetap asyik, dan puasa pun tetap berjalan dengan lancar di bulan Ramadan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Lewatkan Sahur dengan Makanan Berkarbohidrat

Jika Anda tidak sengaja melewatkan waktu sahur, ada baiknya untuk tidak mencatat "belanja" dalam daftar kegiatan yang harus dilakukan pada hari tersebut. Makanan yang dikonsumsi saat sahur merupakan sumber energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari hingga tiba waktu berbuka.

Ketika sahur terlewatkan, pastinya energi untuk dapat melakukan kegiatan juga akan berkurang. Mengetahui bahwa kegiatan berbelanja saat puasa akan terasa lebih berat tanpa adanya energi yang cukup, pastikan Anda telah sahur sebelumnya.

Ini penting, agar tenaga yang dibutuhkan untuk aktivitas sepanjang hari bisa terpenuhi. Makan sahur tentu akan mengurangi risiko tubuh menjadi lemas selama berbelanja, sehingga kegiatan berbelanja bisa berjalan dengan lancar.

2. Cukupi Kebutuhan Air di Dalam Tubuh

Dehidrasi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi ketika berpuasa. Anda dapat mengantisipasi masalah tersebut dengan meminum air yang cukup saat sahur dan berbuka.

Apabila Anda memiliki rencana untuk berbelanja ketika sedang berpuasa, pastikan Anda telah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh saat sahur. Selain untuk menghindari dehidrasi, banyak meminum air saat sahur juga akan membuat Anda bisa tetap fokus dalam menjalani kegiatan selama berpuasa. Jadi, jangan anggap enteng kebutuhan tubuh untuk mendapatkan air yang cukup.

3. Buat Catatan Belanja

Catatan belanja menjadi hal yang penting, agar kegiatan belanja bisa lebih praktis. Usahakan untuk membuat daftar kebutuhan belanja sesuai prioritas Anda, seperti keperluan makan sehari-hari. Setelah itu, baru Anda bisa menambahkan daftar lainnya, seperti kebutuhan pakaian untuk merayakan Lebaran.

Dalam praktik belanjanya, Anda juga perlu mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan sesuai urutan. Dahulukan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan utama. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih santai untuk memenuhi keperluan yang lainnya.

Jika Anda memperkirakan bahwa barang yang diperlukan akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkannya, mulai pencarian barang tersebut ketika sudah berbuka. Dengan kondisi perut yang kenyang, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk menjelajah pusat perbelanjaan dengan lebih semangat.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Akan menjadi pilihan yang bijak jika Anda memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan ketika hari kerja (weekdays). Sebab ketika akhir pekan, sudah dapat dipastikan jika tempat berbelanja akan jauh lebih padat daripada hari-hari biasanya.

Anda juga dapat menjadikan belanja sebagai kegiatan untuk ngabuburit. Ketika sore hari, udara tidak terlalu panas seperti pada saat siang hari. Kesempatan ini tentu dapat Anda manfaatkan dengan baik, sehingga ketika berbelanja Anda tidak akan merasa gerah yang bisa mengganggu aktivitas tersebut.

Alternatif lain untuk berbelanja yaitu ketika malam hari, seperti setelah melakukan salat Tarawih. Udara yang sejuk dan kondisi perut yang sudah terisi, tentu membuat kegiatan belanja bisa menjadi lebih nyaman.

5. Tetap Beri Waktu untuk Persiapan Berbuka

Asyiknya berbelanja kadang membuat Anda lupa menyiapkan makanan untuk berbuka. Mendekati waktu Magrib, tidak mudah untuk menemukan bangku kosong di food court karena banyak pengunjung yang ingin berbuka puasa.

Keluar dari pusat perbelanjaan untuk berbuka pun kadang butuh waktu yang tidak sebentar. Mulai dari mencari tempat untuk berbuka, menempuh perjalanan, membuat pesanan, hingga menunggu pesanan tiba, tentu dapat membutuhkan waktu yang lama.

Sebelum berangkat, ada baiknya untuk membawa beberapa butir kurma atau roti, dan sebotol air mineral dalam tas Anda. Ketika telah tiba waktu untuk berbuka dan ternyata belum ada tempat yang tersedia, Anda tetap dapat berbuka dengan perbekalan yang telah disiapkan tersebut.

6. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Gerah, lelah, lapar dan haus, memang jadi risiko ketika berbelanja saat berpuasa. Jika biasanya Anda berpakaian dengan mementingkan sisi fashion saja, maka selama bulan Ramadan, utamakan pula untuk memilih pakaian yang memberikan kenyamanan saat bergerak.

Terlebih lagi saat akan berbelanja. Pilih pakaian yang berbahan katun, karena jenis bahan tersebut sejuk di kulit dan memiliki daya serap yang baik. Pakaian longgar dan sepatu kets juga menjadi outfit yang cocok untuk belanja di bulan Ramadan. Selain nyaman, pakaian tersebut juga memudahkan pergerakan Anda meski berada di tengah kerumunan.

Berpuasa Sambil Asyik Belanja, Kenapa Tidak?

Meski berbelanja secara online lebih memberikan kemudahan, terutama saat menjalani puasa, kegiatan belanja secara konvensional masih tetap diminati oleh masyarakat. Selain banyaknya penawaran yang menarik, dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan, masyarakat tidak hanya bisa memenuhi kebutuhannya saja.

Window shopping atau yang biasa disebut "lihat-lihat saja" juga bisa menjadi sarana penghilang penat. Belanja pada dasarnya memang hal yang menyenangkan, dan puasa tentu tidak menjadi halangan untuk melakukannya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda tentu bisa asyik belanja dan tetap memenuhi kewajiban untuk berpuasa. Nah, apakah selama ini Anda juga sudah terbiasa belanja asyik sambil tetap menjalani puasa di bulan Ramadan ini?

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Mau Hemat dan Untung Belanja Online saat Ramadan? Ini Caranya

Tips Menjaga Stamina Tubuh saat Berpuasa

Tips agar Tak Kehabisan Uang Jelang Ramadan Berakhir

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS