alexametrics

Tips Menjaga Kondisi Kulit Kepala dari Paparan Sinar Matahari saat Mudik

Silfa Humairah Utami
Tips Menjaga Kondisi Kulit Kepala dari Paparan Sinar Matahari saat Mudik
Ilustrasi perempuan menggunakan payung untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari saat mudik. (Shutterstock)

Bagaimana menjaga kulit kepala dari sinar matahari saat mudik?

Suara.com - Tips Menjaga Kondisi Kulit Kepala dari Paparan Sinar Matahari saat Mudik.

Selama mudik, tentu lama terkena sinar matahari dapat membuat kulit terbakar dan kering. Namun bukan hanya kulit tubuh yang harus dilindungi, kulit kepala juga. Caranya pun sama dengan pakai sunscreen tapi yang khusus untuk kulit kepala.

Dilansir dari laman American Cancer Society, paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama penyebab kanker kulit, khususnya kanker kulit sel basal dan skuamosa.

Sayangnya, banyak orang justru tak sadar bahwa kulit kepala juga perlu dijaga dari paparan sinar matahari. Padahal bukan hanya kulit tubuh saja, kulit kepala pun turut berisiko ditumbuhi sel kanker.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Masker Selai Kacang untuk Rambut yang Lebih Lembut

Selain meningkatkan risiko kanker, bahaya sinar matahari lainnya yaitu bisa menyebabkan rambut rontok dan rusak. Hal ini terjadi terutama ketika kulit kepala terbakar sinar matahari sehingga membuat folikel rambut rusak.

Berbagai alasan inilah yang menjadi alasan mengapa menjaga kesehatan kulit kepala dari sinar UV sama pentingnya dengan kulit tubuh serta wajah.

Sebelum memilih sunscreen untuk kulit kepala, pertimbangkan berbagai hal penting berikut seperti dilansir Hello Sehat :

1. Pilih yang SPF-nya minimal 30

Sun protection factor atau SPF adalah penentu seberapa lama Anda bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat memakai produk tersebut. Sebagai contoh, produk dengan SPF 15 membuat Anda memiliki waktu 15 kali lipat lebih lama dari yang seharusnya sebelum kulit akhirnya terbakar.

Baca Juga: 5 Jenis Minyak Alami yang Punya Manfaat untuk Rambut

Dilansir dari Skin Cancer Foundation, idealnya gunakan produk sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 untuk kulit tubuh, wajah, dan kulit kepala. Selain itu, usahakan untuk memilih sunscreen yang tahan air termasuk keringat terlebih jika Anda sering berkegiatan di bawah terik sinar matahari.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar