Bisa Bikin Masalah, Ini 5 Tanda Harus Segera Ganti Sepatu Baru

Dinar Surya Oktarini | Yasinta Rahmawati
Bisa Bikin Masalah, Ini 5 Tanda Harus Segera Ganti Sepatu Baru
Ilustrasi sepatu lari. {Shutterstock]

Selamat tinggal sepatu buluk kesayangan...

Suara.com - Banyak orang memiliki sepatu kesayangan, bahkan memakainya hingga buluk. Walau sudah buluk, ada yang enggan menggantinya dengan sepatu baru.

Padahal sepatu yang sudah lama dipakai bisa saja membuat kaki terasa sakit hingga masalah lain. Seperti dilansir dari Footwear News, berikut lima tanda kapan sebaiknya harus segera ganti sepatu baru dari owner Little Shoes, Justin Sigal.

1. Membuat kaki terasa sakit
Jika rasa sakit dan nyeri berkembang, itu bisa jadi akibat sepatu yang aus. Meskipun mungkin tidak jelas secara visual, bahan insole atau teknologi kenyamanan mungkin rusak dan tidak lagi memberikan dukungan yang tepat.

2. Sol mulai terpisah
Jika sol terpisah dari bagian atas sepatu, sekarang saatnya untuk sepasang sepatu baru. Sebab sedikit pemisahan dapat membuat air atau serpihan masuk ke sepatu dan menyebabkan sakit kaki bahkan kerusakan lebih banyak.

3. Area sol dan tumit aus
Bagi mereka yang mengalami over pronate, menurut Foot.com, bagian sol serta tumit bisa aus atau menjadi tipis lebih cepat.

Menurut runner.id, over pronate terjadi ketika telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan (berpronasi) secara berlebihan dan menyebabkan perpindahan berat badan ke bagian pinggir dalam, alih-alih ke bagian depan telapak kaki.

4. Jari kaki lecet
Tanda lain yang disebutkan Justin adalah ketika area jari kaki di sepatu mulai rusak. Biasanya disebabkan karena sering menyentuh sidewalk dan benturan ke sisi meja. Perlahan, area jari pun aus dan tidak memberikan kenyamanan pada kaki, khususnya jari-jari.

5. Mulai timbul bau
"Ketika Anda bisa mencium bau tidak sedap sepatu Anda, sekarang saatnya untuk membeli yang baru," ungkap Justin. Sementara banyak sepatu saat ini menggabungkan lapisan anti-mikroba yang membantu mencegah bakteri tumbuh di dalam sepatu, bau masih bisa terbentuk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS