Kids Lab Kenalkan Kimia Lewat Cara Fun, Menginspirasi Anak Jadi Ilmuwan

Silfa Humairah Utami
Kids Lab Kenalkan Kimia Lewat Cara Fun, Menginspirasi Anak Jadi Ilmuwan
BASF Kids’ Lab yang digelar pada Kamis 8 Agustus 2019. (Suara.com/Silfa Humairah)

Aap saja kegiatan eksprimen kimia yang diberikan BASF kepada anak untuk menginspirasinya jadi ilmuwan?

Suara.com - Kids Lab Kenalkan Kimia Lewat Cara Fun, Menginspirasi Anak Jadi Ilmuwan.

Sekarang ini, semua serba praktis berkat teknologi dan sains . Bahan kimia menjadi sumber keajaiban dari banyak produk.

Dalam hal ini BASF, perusahaan kimia terkemuka di dunia, bersama dengan Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), ingin menginspirasi anak-anak untuk menjelajahi keajaiban dunia kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui BASF Kids’ Lab yang digelar pada 8-10 Agustus 2019.

Pesertanya adalah anak usia 6 hingga 10 tahun yang masih duduk di sekolah dasar. Diadakan di Kampus FMIPA UI di Depok, ini adalah kali pertama BASF berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Indonesia dalam penyelenggaraan Kids’ Lab.

“BASF Kids’ Lab mengajak anak-anak mengeksplorasi kimia dengan metode interaktif dan menyenangkan, sehingga menumbuhkan ketertarikan terhadap sains dan mengapresiasi kimia dalam kehidupan sehari-hari sejak usia dini,“ ujar Agus Ciputra, Presiden Direktur BASF Indonesia.

Menurutnya kegiatan ini untuk mendorong rasa ingin tahu anak-anak dalam sains.
Kegiatan ini membantu mempersiapkan mereka untuk mengikuti perkembangan sains dan teknologi yang sangat cepat di Indonesia dan di seluruh dunia.

”Zaman semakin modern, semakin praktis. Semua kini menggunakan bahan kimia dan dbutuhkan pengetahuan soal sains sejak dini untuk menstimulus anak menyukai bidang tersebut," jelasnya.

Sekitar 800 anak sekolah dasar akan melakukan eksperimen kimia yang aman dan sederhana dengan panduan para pengajar dan mahasiswa UI, serta sejumlah relawan yang merupakan karyawan BASF.

Eksperimen Kids’ Lab tahun ini mengangkat 3 kategori, berikut eksprimennya:

Red Cabbage Indicator

Pigmen alami memberikan warna bagi buah dan sayuran. Anak-anak akan belajar
mengenai anthocyanin, pigmen tanaman yang terdapat pada kubis merah, dan
mengamati perubahan warna yang terjadi dalam kondisi pH yang berbeda.

Where is the Vitamin C?

Anak-anak akan membandingkan kandungan vitamin C dalam jus jeruk yang berbeda dan belajar bahwa jus buah yang berbeda mungkin memiliki konsentrasi vitamin penting yang berbeda.

Paper Chromatography

Anak-anak akan mempelajari proses kromatografi sederhana untuk memisahkan
komponen dalam tinta spidol menggunakan air dan kertas filter. BASF Kids’ Lab adalah program edukasi kimia yang gratis dan interaktif untuk anakanak usia 6-12 tahun. Melalui eksperimen yang menarik, aman, dan menyenangkan, program ini membantu anak-anak memahami peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Sejak diluncurkan di Jerman pada tahun 1997, BASF Kids’ Lab telah dilakukan di lebih dari 30 negara di dunia. Di Indonesia, sekitar 9.000 anak telah berpartisipasi sejak diperkenalkan pada tahun 2005.

Jadi baik mulai kenalkan dengan bahan kimia yang aman dan fun untuk menstimulun anak menyukai sains. Mungkin next mereka ilmuwan masa depan. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS