UMKM Buktikan Bisa Go Internasional, Jual Jaket Premium Sampai Rusia Lho

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
UMKM Buktikan Bisa Go Internasional, Jual Jaket Premium Sampai Rusia Lho
Ayung Sportindo, wirausawahan yang hadir dan memberikan kelas bertajuk 'Bedah Usaha Jaket Online' Pasar idEA 2019 di Jakarta, Minggu, (18/8/2019). (Suara.com/Risna Halidi)

Dipasarkan di luar negeri, UMKM jaket premium ini buktikan bisa go internasional lho.

Suara.com - UMKM Buktikan Bisa Go Internasional, Jual Jaket Premium Sampai Rusia Lho.

Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM merupakan salah satu pelaku usaha yang menopang ekonomi bangsa.

Hal tersebut dibuktikan oleh Ayung, wirausahawan asal Malang, Jawa Timur yang telah bergelut di bidang konveksi jaket sejak tahun 1997.

Ayung Sportindo, biasa namanya dicatut, merupakan salah satu wirausawahan yang hadir dan memberikan kelas bertajuk 'Bedah Usaha Jaket Online' dalam agenda terakhir Pasar idEA 2019 di Jakarta, Minggu, (18/8/2019).

Berbicara di hadapan puluhan orang, Ayung mengatakan ada tiga kunci agar sebuah usaha dapat dikenal dan bertahan.

Pertama, kata Ayung, tetapkan segmentasi pasar. "Saya hanya memproduksi produk kualitas premium," kata lelaki kelahiran Banyuwangi tersebut.

Di Indonesia, lanjut Ayung, ada tiga segmen besar. Menurutnya, 50 persen merupakan orang-orang yang menyukai barang murah dengan kualitas ala kadarnya.

Sementara 25 persen lainnya merupakan orang-orang yang menyukai kualitas baik namun dengan harga masih relatif terjangkau. Sisanya sebesar 25 persen lain, adalah orang yang mengutamakan kualitas di atas harga.

"Sisanya tidak peduli harga dan hanya mau kualitas bagus. Harga tidak masalah asal tetap logis. Saya suka main di segmen itu," tambahnya mantap.

Tips kedua, ia selalu mengutamakan komunikasi dengan kostumer baru maupun lama. Dan tips ketiga, ia selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan kustomer lama sembari terus mencari kustomer baru.

Selama puluhan tahun bekerja di bidang konveksi, Ayung pernah membuat ribuah jaket pesanan salah satu universitas di Rusia.

Ia juga konveksi rumahan yang menyuplai jaket bagi salah satu perusahaan otomotif multinasional di Malaysia.

UMKM buktikan bisa go internasional, hingga pasar jaket premiumnya bisa sampai negara luar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS