Usai Klimaks, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Ronde Kedua?

M. Reza Sulaiman
Usai Klimaks, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Ronde Kedua?
Ilustrasi pasangan yang tengah bercinta (Shutterstock)

Kenali beragam faktor yang memengaruhi fase pemulihan usai klimaks.

Suara.com - Usai Klimaks, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Ronde Kedua?

Gairah seksual yang dimiliki seseorang berbeda dengan orang lain. Tak jarang, orang yang memiliki gairah seksual tinggi bisa saja ingin melanjutkan bercinta ke ronde kedua usai klimaks.

Muncul pertanyaan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk lelaki dan perempuan, agar bisa kembali terangsang?

Dilansir laman Popular-world.com, masa pemulihan setelah mencapai klimaks pasca bercinta disebut sebagai periode refraktori. Dengan kata lain, periode refraktori didefinisikan sebagai waktu antara orgasme dan ketika tubuh Anda siap untuk terangsang secara seksual kembali.

Uniknya, periode refraktori antara lelaki dan perempuan jauh berbeda. Sebuah penelitian menyebut perempuan hanya butuh waktu beberapa menit untuk kembali terangsang usai klimaks.

Di sisi lain, lelaki membutuhkan waktu 30 menit atau lebih, tergantung dengan kondisi masing-masing orang.

Lamanya periode refraktori ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Yaitu, fungsi seksual, gairah dan kesehatan secara keseluruhan.

Ilustrasi bercinta pasca orgasme. (Shutterstock)
Ilustrasi bercinta pasca orgasme. (Shutterstock)

Selain itu ada pula faktor kualitas dan keadaan emosional saat berhubungan seksual, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan dan rasa nyaman pada pasangan.

Penelitian menunjukkan bahwa setelah ejakulasi atau mencapai klimaks, tubuh lelaki lebih mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena sistem reproduksi pada lelalki banyak bekerja sehingga otot penis berkontraksi dan menjadi lemas.

Lalu berapa lama periode refraktori akan berlangsung? Untuk seorang remaja laki-laki, periode refraktori akan terjadi beberapa menit sampai beberapa jam.

Studi menunjukkan salah satu faktor yang mempengaruhi periode refraktori adalah usia. Dengan bertambahnya usia, lelaki membutuhkan 12 hingga 24 jam untuk terangsang lagi secara seksual.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS