Perpusnas Luncurkan 4 Perangko Edisi Naskah Kuno Nusantara

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Perpusnas Luncurkan 4 Perangko Edisi Naskah Kuno Nusantara
Perpusnas Luncurkan Perangko Edisi Naska Kuno Nusantara [Suara.com/Risna]

Perangko tersebut adalah naskah I La Galigo, Babad Dipanegara, Negara Kertagama dan Cerita Panji.

Suara.com - Perpusnas Luncurkan Perangko Edisi Naskah Kuno Nusantara

Perpustakaan Nasional bekerjasama dengab PT Pos Indonesia dan PT Peruri baru saja meluncurkan perangko edisi Naskah Kuno Nusantara dalam acara Perpusnas Expo 2019 di Perpustakaan Nasional RI di Jakarta, Kamis, (5/9/2019).

Ada empat naskah kuno yang menjadi inspirasi perangko edisi terbaru yaitu naskah I La Galigo, Babad Dipanegara, Negara Kertagama dan Cerita Panji.

Perpusnas Luncurkan Perangko Edisi Naska Kuno Nusantara [Suara.com/Risna]
Perpusnas Luncurkan Perangko Edisi Naska Kuno Nusantara [Suara.com/Risna]

"Hal paling fundamental yang harus saya katakan adalah, bahwa dipilihnya empat naskah kuno tersebut sebagai perangko, karena empat karya tersebut telah diakui dunia sebagai mahakarya para leluhur kita di masa lalu," terang Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, sesaat setelah peluncuran resmi.

Kata Bando, empat naskah yang sudah tercatat sebagai Ingatan Kolektif Dunia (MoW) dari Unesco tersebut merupakan bukti bahwa leluhur Indonesia merupakan bangsa yang hebat dan rajin membaca. "Bahkan epik mitologi I La Galigo dianggap lebih dari pada cerita Ramayana Mahabarata," tambah Muhammad Syarif Bando.

Selain menjadi ajang peluncuran perangko, ajang Perpusnas Expo 2019 juga menghadirkan berbagai kegiatan edukasi lain mulai dari pemutaran film, temuwicara, pemutaran wayang, hingga belajar menulis aksara kuno.

Perpusnas Expo 2019 mengusung tema 'Berbagi Pengetahuan untuk Kesejahteraan', berlangsung di fasilitas layanan Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, mulai dari tanggal 5 sampai 22 September 2019 dan dibuka gratis untuk umum.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS