Potret Haiku Stairs, Menyimak Hawaii dari Puncak Pegunungan Ko'oalau

Dany Garjito | Aditya Prasanda
(Wikimedia Commons J Stan 2000)
(Wikimedia Commons J Stan 2000)

Suara.com - Haiku Stairs, jalur pendakian berupa tangga besi nan curam ini berada di Pulau O'aku, Hawaii. Para wisatawan kerap menjulukinya sebagai Stairway to Heaven (tangga menuju surga) sebab jalur perlintasan ini mengantarkan kita pada puncak Pegunungan Ko'oalau.

Dibangun otoritas Angkatan Laut Amerika Serikat sekitar tahun 1942, tangga ini mulanya digunakan sebagai jalur perlintasan teknisi yang hendak mengirimkan sinyal radio ke kapal Angkatan Laut AS.

Mulanya jalur perlintasan ini menggunakan kayu sebagai jalan setapaknya. Lantas mulai pertengahan 1950-an fungsi kayu mulai digantikan dengan tangga logam.

Nahas sejak tahun 1987, pasca jembatan ini ditutup untuk umum, masalah sengketa lahan antara penduduk dan pemerintah membuat jembatan ini tak lagi dapat dilintasi wisatawan secara bebas. Bahkan pada tahun 2014, ratusan orang ditangkap karena nekat menaiki Haiku Stairs.

Meski demikian tidak sedikit yang tetap mengindahkan larangan tersebut dan berani melintasi pendakian demi melihat pesona alam Hawaii dari puncak Pegunungan Ko'oalau.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS