6 Tahun Bisnis Fashion, Kenapa Zaskia Adya Mecca Baru Bikin Fashion Show?

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
6 Tahun Bisnis Fashion, Kenapa Zaskia Adya Mecca Baru Bikin Fashion Show?
Zaskia Adya Mecca dan Tasya Nur Medina bicara tentang perjalanan Meccanism. (Suara.com/Vessy Frizona)

Zaskia Adya Mecca sudah berkecimpung di industri fashion selama 6 tahun. Kok baru bikin fashion show sekarang?

Suara.com - 6 Tahun Bisnis Fashion, Kenapa Zaskia Adya Mecca Baru Bikin Fashion Show?

Aktris Zaskia Adya Mecca merupakan salah satu pelopor ikon hijab Indonesia. Menyadari saat belasan tahun lalu busana hijab masih jarang, Zaskia pun menjajal bisnis modest wear enam tahun lalu.

Hingga saat ini brand fashion Zaskia Adya Mecca masih bertahan di industri fashion. Namun sayangnya, setelah brand-brand hijab dan desainer modest wear tumbuh, istri Hanung Bramantyo ini belum pernah menggelar fashion show. Apa alasan Zaskia?

"Karena aku merasa aku ini bukan desainer, hanya saja punya toko baju, kita menjual baju. Sebab ketika dibilang desainer anggapannya haruslah orang-orang yang mengerti desain, bisa membuat pola atau bisa gambar. Sementara aku ini nggak bisa," ucap Zaskia saat ditemui Suara.com usai konferensi pers ISEF 2019 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Setelah bertahan selama enam tahun tidak menggelar fashion show, Zaskia bersama brand-nya, Meccanism akhirnya terlibat dalam sebuah pagelaran fashion.

"Terus terang aku dan kak Tasya sama sekali nggak paham soal itu dan lain-lain. Sampai sekarang kalau ditanya soal jenis kain aku belum tau, paling taunya hanya sedikit. Jadi aku bilang sama kak Tasya, Meccanism itu nggak usah ikut fashion show karena kita bukan desainer. Aku juga nggak tahu apa yang mesti aku bikin. Takut nge-drop, kalah sama yang lain keren-keren, yang ada nanti jomplang karena kita begitu-begitu aja. Baju yang kita bikin itu dailyware banget. Cuma karena kita sudah berjalan 6 tahun, Alhamdulillah dipercaya costumer, kak Tasya yang memaksa aku untuk ikut fashion show ini," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Tasya Nur Medina, kaka dari Zaskia mengatakan, bahwa dalam mengelola usaha, pemilik harus menunjukkan eksistensinya.

Meccanism by Zaskia Adya Mecca. (Instagram/@meccanismindonesia)
Meccanism by Zaskia Adya Mecca. (Instagram/@meccanismindonesia)

"Memang semestinya kalau kita punya usaha harus ada eksistensi yang harus dijaga. Salah satu hambatannya Zaskia tidak pernah ikut fashion show juga karena mood-nya susah," timpal Tasya.

Dalam kesempatan Zaskia mengikuti fashion show yang pertama kali ini, ia melibatkan anak ketiganya, Kaba, dalam desain dan inspirasi.

"Baju yang aku bikin sesuai mau aku. Jadi kalau mau buat fashion show aku harus kikirin desian, harus nyapiapin berapa look, punya teman sendiri dan aku gak paham sama itu semua. Tapi karena kak Tasya maksa aku. Akhirnya aku bikin. Nah karena kehidupan aku sebagai ibu rumah tangga enggak jauh dari anak-anak-anak. Aku pikir udalah kali ini aku mau libatin anak-anak. Aku ngambil tema Kaba, anak ku yg nomor 3. Dia suka banget sama ondel-ondel. Dia selalu punya gambar buat aku dan menurut aku gambar dia lucu dan unik-unik, sangat menarik dan original. Aku ambil gambar-gambarnya Kaba buat jadi desain baju, jilbab, dan semuanya," tutup Zaskia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS