Rahasia Apple Washington Puluhan Tahun Bertahan di Indonesia, Apa Ya?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Rahasia Apple Washington Puluhan Tahun Bertahan di Indonesia, Apa Ya?
ilustrasi apel di Indonesia. (Shutterstock)

Bertahun-tahun lamanya, bagaimana cara Washington Apple ini mempertahankan kualitasnya?

Suara.com - Rahasia Apple Washington Puluhan Tahun Bertahan di Indonesia, Apa Ya?

Siapa yang tidak tahu apel milik Washington Apple yang telah puluhan tahun terkenal dengan rasanya yang segar dan khas, juga tampilannya cukup menggoda. Penggemar apel asal Amerika ini juga tidak bisa dipandang remeh, banyak yang tidak pernah absen membeli apel impor ini.

Bertahun-tahun lamanya, bagaimana cara Washington Apple ini mempertahankan kualitasnya? Mengingat produk apel lokal Indonesia yang tidak kalah bagusnya, tapi Washington Apple bisa bertahan hingga kini. Apa rahasianya?

President of Washington Apple Commission, Todd Fryhover mengatakan kuncinya ada pada standar kualitas yang benar-benar dijaga betul, bahkan sebelum apel tumbuh. Saat musim salju misalnya, batang pohon dijaga betul agar tidak tertimbun salju.

Lalu bunga buah atau cikal bakal buah benar-benar diperhatikan perkembangannya. Hingga sampai pada tahap memanen, apel-apel ini benar-benar disortir dan yang masuk standar impor Washington Apple sebelum akhirnya diberi pelindung.

"Yang membuat berbeda kalai dilihat di video begitu complicated, proses yang luar biasa. itu proses luar biasa yang sedemikian detail, cara basmi hama, mesin, teknologi dan segala macem, itu menyebabkan washington appel itu snagat berbeda dengan apple dari negara lain, dan di Indonesia bertahan sedemikian lama," ujar Todd di Grand Hyatt, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

Todd juga menambahkan pihaknya selalu berusaha mengembangkan variasi apel-apel, tapi tetap mempertahankan kualitas. Cara ini kata dia, sangat ampuh membuat konsumen tidak bosan dengan apel-apel milik Washington Apple.

"Karena kita punya variasi semakin banyak. Sehingga taste dari konsumen juga berkembang jadi konsumen nggak bosen," imbuhnya.

President of Washington Apple Commission, Todd Fryhover, bicara tentang rahasia bertahan di Indonesia. (Suara.com/Dini Afrianti)
President of Washington Apple Commission, Todd Fryhover, bicara tentang rahasia bertahan di Indonesia. (Suara.com/Dini Afrianti)

Seperti saat ini Washington Apple mengeluarkan variasi kemasan combo pax yang berisi dua buah apel, dimana konsumen juga bisa memilih isinya langsung di supermarket. Adapun harganya Rp 30 ribu per-pax dan berisi dua buah Washington Apple.

"Sekarang kan tren beri apel di supermarket nggak harus 1 kilo, kebanyakan anak kosan milenials hidup sendiri, mungkin kebanyakan 1 kilo, makanya sedemikian rupa dibuat kemasan ini dan marketnya sangat besar," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS