Google Rilis 'Year in Search 2019', Intip Yuk Tren Traveling di Indonesia

Irwan Febri Rialdi | Amertiya Saraswati
Google Rilis 'Year in Search 2019', Intip Yuk Tren Traveling di Indonesia
Ilustrasi Google Search di ponsel. [Shutterstock]

Inilah pencarian para travelers Indonesia di tahun 2019.

Suara.com - Menelang akhir tahun, Google kembali merilis daftar tahunan yang berisi rangkuman pencarian penggunanya sepanjang tahun 2019.

Lewat daftar tahunan ini, Google pun merilis tren topik pencarian di berbagai kategori untuk setiap negara. Salah satunya adalah Indonesia.

Dirangkum dari laman Think With Google, kali ini Suara.com akan mengajak travelers untuk mengintip tren traveling lewat '2019 Year in Search' Indonesia.

Dalam '2019 Year in Search', Indonesia disebut-sebut masih menjadi pasar online travel terbesar dengan pertumbuhan pesat di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, travelers Indonesia juga cenderung mencari kenyamanan dan keamanan yang lebih baik saat bepergian. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah pencarian seputar lounge di bandara, reschedule tiket, dan asuransi.

Ilustrasi Hotel Bintang Lima (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi Staycation (Pixabay/Engin_Akyurt)

Kemudian, hotel-hotel mewah yang menawarkan staycation pun mengalami kenaikan jumlah penelusuran sebanyak 3,4 kali.

Beberapa kata kunci yang dicari adalah hotel bintang empat, boutique hotel, dan suites.

Meski begitu, bukan berarti hotel-hotel murah terlupakan. Pencarian akan hotel murah di tempat wisata atau budget hotels dikabarkan tetap terjadi sepanjang tahun.

Sementara untuk aktivitas wisata, hal-hal yang berbau lokal dan juga menawarkan lokasi foto menarik ternyata banyak dicari.

Salah satu contohnya adalah pencarian seputar festival musik hingga jenis festival lainnya.

Ilustrasi Labuan Bajo (Google Maps)
Ilustrasi Labuan Bajo (Google Maps)

Beralih ke tujuan wisata, travelers tentunya masih ingat dengan kepopuleran Labuan Bajo di tahun 2019 ini.

Seolah menegaskan hal tersebut, Labuan Bajo pun menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari, ditemani Sumba dan Kalimantan.

Khusus untuk Labuan Bajo, destinasi wisata Pulau Padar dan Pink Beach berhasil memikat minat wisatawan. Sementara, travelers di Kalimantan banyak mencari soal Danau Kakaban, Gunung Muro, dan Taman Nasional.

Tak ketinggalan, Google juga merilis 10 besar destinasi domestik Indonesia dan destinasi internasional per kuartal pertama 2019.

Untuk destinasi domestik, ada 10 kota yang terdaftar yaitu Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bogor, Medan, dan Surakarta.

Sementara untuk destinasi internasional, warga Indonesia banyak melakukan pencarian tentang Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, Hongkong, New York, London, Paris, Seoul, dan Johor Bahru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS