Yuk Lihat Cara Abah Jani Memahat Wayang Golek di TMII

Silfa Humairah Utami | Alfian Winanto
Yuk Lihat Cara Abah Jani Memahat Wayang Golek di TMII
Abah Jani  membuat pahatan wayang buatannya di Pameran Produk Ungguan Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah,Jakarta timur, Minggu (29/12). (Suara.com/ Alfian Winanto) 

Begini cara Abah Jani mencuri perhatian dengan Wayang Goleknya di TMII

Suara.com - Yuk Lihat Cara Abah Jani Memahat  Wayang Golek di TMII

Abah Jani  memainkan wayang golek buatannya di depan pembeli yang sedang melihat stand kerajinannya di Pameran Produk Ungguan Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah,Jakarta timur, Minggu (29/12/2019).

"Kalau yang ini tokoh Rama, biasanya bisa tahu kalau dilihat dari ukiran di mahkotanya," ujar Abah Jani.

Abah Jani merupakan salah satu pengrajin wayang yang mengisi pameran produk unggulan Jawa Barat, dengan mengenalkan budaya Indonesia.

Abah Jani  menunjukkan pahatan wayang buatannya di Pameran Produk Ungguan Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah,Jakarta timur, Minggu (29/12).
Abah Jani  menunjukkan pahatan wayang buatannya di Pameran Produk Ungguan Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah,Jakarta timur, Minggu (29/12). (Suara.com/
Alfian Winanto) 

Dalam proses pembuatannya,Abah Jani biasanya menggunakan kayu Pule atau Lame yang berpori-pori bagus dan lebih halus sehingga mudah untuk diraut atau diukir.

Lama proses pembuatan wayang golek sendiri, biasanya adalah 7 hari, untukproses membentuknya bisa memakan waktu 4 hari sedangkan untuk proses pewarnaanya memakan waktu 3 hari.

Untuk yang tertarik bisa berkunjung ke stand Daerah purwakarta di pameran produk unggulan Jawa Barat, di anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur yang berlangsung dari tangga 29 Desember 2019 hingga 01 Januari 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS