Rawat 2 Anjing, Shindong Super Junior Akui Lebih Bahagia dan Bebas Depresi

M. Reza Sulaiman
Rawat 2 Anjing, Shindong Super Junior Akui Lebih Bahagia dan Bebas Depresi
Shindong Super Junior rawat anjing untuk atasi depresi. (Dok. Instagram)

Shindong Super Junior mengatakan bahwa kedua anjingnya membantu melawan depresi. Seperti apa ceritanya?

Suara.com - Rawat 2 Anjing, Shindong Super Junior Akui Lebih Bahagia dan Bebas Depresi

Beragam cara unik dilakukan orang untuk melawan depresi dan membuat diri lebih bahagia. Salah satunya adalah idol K-POP, Shindong dari Super Junior, yang mengaku lebih bahagia setelah merawat 2 anjing.

Dalam tayangan reality show My Ugly Duckling, Shindong mengatakan bahwa kedua anjingnya membantu melawan depresi.

"Aku sejatinya merasa depresi tahun lalu. Lalu aku mencari cara mengatasinya, dan menemukan ada anjing yang memang bisa membantu mengatasi depresi," tutur Shindong, dilansir Channel News Asia.

"Aku mengadopsi mereka tanpa pikir panjang. Di rumah, mereka sangat membuat kacau sehingga aku tidak sempat merasakan depresi," ujarnya lagi.

Sahabat Shindong yang juga anggota Super Junior, Kim Hee Chul, mengatakan merawat binatang peliharaan memang memiliki efek baik untuk kejiwaan.

Bahkan Hee Chul sendiri memiliki seekor anjing dan dua ekor kucing. Ia mengamini pernyataan Shindong tentang merawat hewan peliharaan bisa membuat orang sangat sibuk.

Ternyata, merawat hewan peliharaan memiliki efek baik bagi kejiwaan. Dilansir WebMD, berikut dampak positif merawat hewan peliharaan:

1. Meningkatkan mood

Hanya butuh beberapa menit dengan anjing atau kucing atau menonton ikan berenang untuk merasa lebih tenang dan kurang stres.

Tubuh Anda benar-benar mengalami perubahan fisik pada waktu ini yang membuat perbedaan dalam suasana hati Anda.

Tingkat kortisol, hormon stres, semakin rendah. Serta serotonin, bahan kimia perasaan menyenangkan yang dibuat tubuh Anda akan naik.

2. Tekanan darah lebih baik

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda mengelola tekanan darah. Dalam sebuah penelitian terhadap 240 pasangan menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah rendah dan detak jantung yang lebih rendah saat istirahat dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

3. Menurunkan kolesterol

Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tidak.

Meski alasan untuk itu tidak jelas, tapi hal ini bisa berkaitan dengan gaya hidup yang lebih aktif ketika bermain dengan hewan peliharaan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS