Percuma Saja Kamu Cuci Tangan, Kalau...

Vania Rossa
Percuma Saja Kamu Cuci Tangan, Kalau...
Cuci tangan pakai sabun untuk mencegah virus corona covid-19. (Shutterstock)

Hal-hal kecil, tapi bisa bikin cuci tangan kamu sia-sia. Apa itu?

Suara.com - Di tengah pandemi Covid-19, cuci tangan menjadi salah satu andalan kita agar tak tertular virus corona dari lingkungan sekitar. Dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir masih menjadi metode terbaik menurut para ahli kesehatan.

Tapi tahukah kamu, manfaat cuci tangan bisa sia-sia bila prosedur cuci tangan yang baik tidak dilakukan. Para ahli telah memperingatkan bahwa memakai arloji atau cincin bisa membuat alkohol tidak berguna melawan virus corona Covid-19.

Dilansir dari laman The Sun, Profesor Mark Wilcox, seorang ahli mikrobiologi di Leeds Teaching Hospitals NHS Trust, mengatakan percuma saja kamu cuci tangan kalau kamu melakukan hal-hal ini:

1. Memakai perhiasan dan tidak melepasnya saat cuci tangan

Menurut Prof. Wilcox, jam tangan, cincin, gelang, dan perhiasan lainnya harus dilepas sebelum kamu cuci tangan.
"Aturan mengenai pencegahan dan kontrol infeksi dari NHS mengatakan bahwa semua benda yang menempel di pergelangan tangan harus dilepas," katanya.

Hal itu karena kamu tidak akan bisa membersihkan dengan maksimal saat masih ada benda yang menempel di tangan kamu.

"Cincin polos mungkin masih diperbolehkan, tetapi cincin dengan permata harus dilepas," katanya lagi.

2. Melepas perhiasan namun tidak ikut membersihkannya

Tak cukup sekadar melepaskan perhiasan dari tangan, kamu juga harus membersihkan perhiasan tersebut sebelum kamu memakainya kembali.

Jonathan Ball, Profesor Virologi Molekuler dari Universitas Nottingham, mengatakan, "Mencuci tangan secara menyeluruh atau mengaplikasikan gel sanitizer yang benar berarti memastikan bahwa semua celah dan sudut tersembunyi dibersihkan. Tak hanya sela jari, tapi juga bagian bawah cincin, jam tangan, dan sejenisnya."

Prof. Ball menambahkan, "Virus-virus ini tidak hidup di kulit seperti halnya bakteri - mereka adalah penumpang sederhana yang bergerak dari permukaan tangan, lalu ke mata, hidung, atau mulut Anda."

"Asalkan Anda menjaga setiap permukaan yang kemungkinan telah bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, maka Anda akan baik-baik saja. Tetapi tentu saja ini membutuhkan ritual cuci tangan yang sangat tepat," tambahnya.

Satu tips sederhana yang bisa kamu praktikkan saat ini, lepas semua perhiasan apapun dari tanganmu, termasuk cincin dan jam tangan. Polos lebih baik, karena akan memudahkanmu mencuci tangan.

3. Memanjangkan kuku

Para ahli juga memperingatkan agar kamu tidak memanjangkan kuku atau memakai kuku palsu, karena bakteri, virus, dan kotoran bisa berkumpul di bagian bawah kuku.

Terlebih jika kamu punya kebiasaan suka menggigit kuku, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terpapar virus corona.

Purvi Parikh dari Langone Medical Center Universitas New York mengeluarkan peringatan keras bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku.

"Setiap kali Anda menyentuh wajah - terutama mulut, hidung, dan mata - Anda memindahkan semua virus itu. Dan Anda bisa sakit," katanya.

Spesialis penyakit menular itu menambahkan bahwa virus yang masuk ke mulut adalah cara termudah untuk menginfeksi seseorang.

Jadi, pastikan ritual cuci tangan kamu tak sekadar membasuh tangan dengan air dan sabun selama 20 detik, tapi juga memastikan 3 hal di atas tak kamu lakukan. Jangan setengah-setengah dalam melawan virus corona Covid-19, ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS