Sampah Sheet Mask Sulit Terurai, Pilih yang Terbuat dari Serat Alami

Vania Rossa
Sampah Sheet Mask Sulit Terurai, Pilih yang Terbuat dari Serat Alami
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Bekas sheet mask yang kamu pakai merupakan sampah nonbiodegradable yang sulit diurai.

Suara.com - Sheet mask atau masker wajah lembaran pastilah jadi salah satu andalan hampir setiap perempuan untuk merawat kulit wajahnya.

Berbeda dengan masker lain yang umumnya bertekstur krim atau jelly, masker ini berbentuk tisu yang mengandung cairan losion dan serum. Sheet mask saat ini sangat disukai karena praktis, cukup direkatkan ke wajah dan diamkan selama 10-20 menit tanpa perlu dibilas. Untuk perempuan yang aktivitasnya padat, memakai sheet mask sangat menghemat waktu dan efisien.

Tapi, di tengah isu lingkungan hidup yang tengah gencar digalakkan, muncul satu kekhawatiran. Lembaran masker yang telah terpakai dan kemudian dibuang itu tentu akan menjadi masalah. Pasalnya, sebagian besar sheet mask hanya menumpuk di tempat sampah karena tidak dapat diolah dan minimnya fasilitas pengolahan sampah.

Dikutip dari rilis yang diterima Suara.com dari Lenzing Indonesia, kebanyakan sheet mask yang ada memang terbuat dari bahan sintetis, seperti plastik atau nylon. Hal ini membuat sampah sheet mask tidak dapat terurai kembali ke alam, dan akan bertahan hingga puluhan tahun. Tentunya kamu tidak ingin jika bumi yang harusnya hijau dan asri, menjadi semakin tercemar gara-gara perawatan kecantikan yang kamu lakukan, kan?

Nah, salah satu solusi untuk mengatasi timbunan sampah dari sheet mask yang kita pakai adalah dengan beralih menggunakan sheet mask yang lembarannya terbuat dari material serat yang alami dan mampu terurai
kembali ke alam.

Saat ini, beberapa produsem kosmetik telah mengembangkan sheet mask yang menggunakan serat VEOCEL™ yang terbuat dari pulp kayu yang berasal hutan yang memang dikembangkan untuk kebutuhan industri dan dikelola secara bertanggung jawab. Tentu saja serat ini mampu terurai kembali ke alam (biodegradable), sehingga tidak membuat bekas sheet mask menumpuk di tempat pembuangan akhir.

Sheet Mask Sensatia Botanicals. (Lenzing)
Sheet Mask Sensatia Botanicals. (Lenzing)

Di Indonesia, sheet mask dengan serat alami ini bisa kamu temukan di produk masker wajah lembaran dari Sensatia Botanicals dan The Body Shop.

Sheet Mask The Body Shop. (Lenzing)
Sheet Mask The Body Shop. (Lenzing)

Sensatia Botanical, merek produk kecantikan dari Bali, memiliki 4 varian sheet mask seperti Clarifying Cica Sheet Mask untuk kulit berjerawat, Firming Pomegranate Sheet Mask untuk mengencangkan kulit, Hydrating Argan Sheet Mask untuk kulit kering, serta Toning Kakadu Plum Sheet Maskuntuk mencerahkan kulit.

Sedangkan untuk rangkaian produk sheet mask The Body Shop, ada Seaweed Balance Sheet Mask untuk kulit kombinasi dan berminyak, Aloe Calm Sheet Mask untuk kulit yang sensitif, Vitamin E Quench Sheet Mask untuk kulit kering, Vitamic C Glow Sheet Mask untuk kulit kusam, serta Drops of Youth™ Sheet Mask untuk kulit yang lebih kenyal dan lembap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS