Di Rumah Aja Tapi Tetap Jerawatan, 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Vania Rossa | Frieda Isyana Putri
Di Rumah Aja Tapi Tetap Jerawatan, 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Harusnya, kalau Anda jarang keluar rumah, kulit wajah pun akan bersih dan bebas jerawat, ya?

Suara.com - Tidak keluar rumah, jarang pakai makeup, dan hanya makan masakan rumah, tapi kenapa masih jerawatan juga, ya?

Bisa saja hal-hal berikut jadi alasannya tanpa Anda sadari. Sebelum jerawat ikutan 'mewabah' di wajah Anda, perhatikan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari AsiaOne:

1. Tidak rutin membersihkan wajah

Karena tidak meninggalkan rumah, Anda merasa tidak perlu membersihkan wajah sesering mungkin. Apalagi dengan kondisi Anda jarang menggunakan makeup.

Dr. Michelle Wong dari IDS Clinic mengatakan jangan biarkan rasa malas itu menggelayuti Anda. Rasa malas ini bisa menyebabkan penumpukan sebum dan sel kulit mati sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Akan tetapi, Dr Karen Soh dari Prive Clinic menyatakan bahwa jerawat tidak selalu disebabkan oleh wajah yang kotor. Membersihkan wajah terlalu sering juga tidak baik, maka ia menyarankan setidaknya membersihkan wajah sekali sehari, terutama di malam hari.

2. Tidak melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat dan bruntusan. Selain itu, eksfoliasi juga membantu membuka sumbatan pori-pori yang melebar dan membantu melembutkan kulit.

Tetapi berhati-hatilah melakukan eksfoliasi apabila wajah Anda sedang berjerawat. Cari bahan yang lembut dan lakukanlah secara benar agar tidak mengiritasi kulit wajah.

3. Anda mengalami stres

Bukan tidak mungkin Anda akan mengalami stres selama di rumah aja. Rasa khawatir, cemas, dan stres kerap muncul pada orang-orang di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dr Wong mengatakan stres adalah salah satu pemicu jerawat. Saat kita stres, otak kita menstimulasi kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres kortisol.

Hormon ini kemudian menstimulasi kelenjar sebaceous untuk memproduksi sebum, sehingga menyebabkan kulit kita menjadi berminyak dan mudah tersumbat.

4. Salah makan

Saat kita stres, kita pasti mendambakan mengonsumsi makanan-makanan enak. Salah satunya apabila makanan tersebut mengandung susu, yang dapat menyebabkan jerawat.

Dr. Soh menyarankan mengurangi gula dan lemak trans. Diet yang buruk dapat menyebabkan jerawat lebih parah, sehingga konsumsilah makanan sehat untuk memperbaiki wajah yang berjerawat namun juga meningkatkan kesehatan.

5. Memencet jerawat

Kadang kita tak tahan untuk memencet atau mengopek jerawat saat berada di rumah aja. Dr. Wong menyarankan untuk tidak melakukan hal ini karena dapat menyebabkan inflamasi, bekas jerawat, atau bahkan membuat jerawat semakin banyak.

Faktanya, jauhkan tangan Anda dari wajah karena bisa memindahkan bakteri ke wajah dan membuat wajah Anda rentan timbul bruntusan dan jerawat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS