Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Liputan Khas: New Normal, Warga Antusias Mal Dibuka Hari Ini

Vania Rossa | Tim Liputan Khusus
Liputan Khas: New Normal, Warga Antusias Mal Dibuka Hari Ini
Senayan City, salah satu mal yang dibuka hari ini, Senin (15/6/2020). (Suara.com/Frieda Isyana)

Di balik antusiasme warga karena bisa kembali nge-mal, pakar kesehatan beri peringatan penting soal protokol kesehatan di mal.

Suara.com - Di masa PSBB transisi menuju new normal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk membuka kembali mal atau pusat perbelanjaan mulai hari ini, Senin (15/6/2020).

Tercatat ada 80 mal dibuka mulai Senin berdasarkan data dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta.

Meski keputusan membuka kembali pusat perbelanjaan ini sempat memicu perdebatan publik, faktanya tak sedikit warga antusias dengan hal ini.

Mereka yang Rindu Nge-Mal

Sidik Suganda (26), misalnya, salah satu pekerja di Jakarta, mengaku kalau selama ini mal menjadi pelariannya untuk refreshing dari kepenatan pekerjaan kantor. Bahkan tidak jarang lelaki asal Bandung ini menjadikan mal sebagai tempat healing atau terapi pikirannya.

"Pasti gue rindu banget buat bisa ke mal, gue suka banget pergi ke mal sebagai healing, refreshing diri. Dan yang paling gue rinduin dari aktivitas di mal adalah nonton bioskop," ujar Sidik melalui pesan singkatnya kepada Suara.com beberapa waktu lalu.

Serupa dengan Sidik, Siska Permata Sari (25) pun mengaku sudah sangat rindu pergi ke mal, khususnya untuk hang out bersama teman dan keluarga, entah sambil makan di suatu restoran, pergi belanja bareng, atau sekadar cuci mata.

Namun, dibukanya mal pada Senin (15/6/2020) tidak lantas membuat Siska ingin langsung pergi ke mal. Ia mengaku tetap akan berpikir ulang untuk pergi ke mal. Perempuan asal Depok ini memutuskan akan pergi ke mal kalau pemerintah sudah bisa mengendalikan kasus Covid-19.

"Kayaknya nggak deh, walaupun kangen banget pengen kumpul bareng teman-teman, tapi mendingan enggak. Kayaknya nanti setelah kasusnya menurun atau sudah terkontrol penyebaran virusnya, itu mungkin bakal mulai lagi buat beli keperluan," tanggap Siska.

Dokter: Pastikan Sehat Saat Ke Mal

Dibukanya pusat perbelanjaan mulai Senin (15/6/2020), dr. Erni Juwita Nelwan Sp.PD-KPTI mengkhawatirkan mengenai kerumunan orang. Padahal seperti diketahui, virusCorona Covid-19 mudah menyebar dalam situasi manusia berdekatan.

Pengunjung keluar dari bilik disinfektan sebelum memasuki Mal Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Pengunjung keluar dari bilik disinfektan sebelum memasuki Senayan City, Jakarta, Selasa (9/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Itu sebabnya, Erni melihat pentingnya pihak mal untuk melakukan skrining kepada para pengunjungnya.

Menurutnya, mal hanya boleh dikunjungi oleh orang yang 100 persen sehat, meski ia pun mengakui sulit untuk memastikan hal tersebut.

Erni juga mengatakan bahwa upaya itu bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola mal, tetapi juga tanggung jawab masyarakat sebagai pengunjung.

Masyarakat harus menyadari kepentingan bepergian ke mal. Meski PSBB telah dilonggarkan, bukan berarti pandemi Covid-19 telah selesai. Erni menegaskan bahwa protokol kesehatan, salah satunya adalah menjaga jarak, harus tetap dilakukan.

Selanjutnya: Persiapan Khusus ke Mal

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS