3 Manfaat Memelihara Ikan Cupang: Redakan Stres Hingga Basmi Jentik Nyamuk

M. Reza Sulaiman
3 Manfaat Memelihara Ikan Cupang: Redakan Stres Hingga Basmi Jentik Nyamuk
Ikan cupang, ikan hias yang populer saat pandemi Covid-19. (Shuttestock)

Memelihara ikan cupang jadi kegemaran baru yang digandrungi masyarakat saat pandemi Covid-19. Apa sih manfaatnya?

Suara.com - Pandemi Covid-19 membuka peluang masyarakat mengembangkan hobi dan kegemaran baru. Salah satu yang populer adalah memelihara ikan hias, termasuk ikan cupang, di dalam akuarium.

Ya, memelihara ikan hias memiliki keasyikan tersendiri. Selain ikan cupang, ikan hias lain yang populer dipelihara adalah ikan guppy.

Dalam keterangan resminya, Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) mengatakan setidaknya ada tiga manfaat memelihara ikan hias di masa pandemi Covid-19. Apa saja?

1. Basmi jentik nyamuk

Ikan guppy merupakan ikan hias asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada awal 1920,

Awalnya ikan ini untuk memakan jentik atau larva nyamuk malaria, ikan guppy kini menjadi ikan hias yang banyak dipelihara pehobi.

Seiring berkembangnya jumlah peminat ikan guppy, jenis ikan guppy berkembang sangat banyak.

Ikan Cupang (Shutterstock)
Ikan Cupang (Shutterstock)

"Jenis ikan guppy yang saat ini tercatat di seluruh dunia ada ratusan jenis dan akan terus bertambah dengan proses penyilangan dari breeder seluruh dunia yang tidak pernah berhenti," kata Sahlan Rosyadi, selaku Presiden IGPA.

2. Kurangi stres

Sebuah penelitian di tahun 2015 yang dilakukan oleh para pakar National Marine Aquarium, Plymouth University bersama dengan University of Exeter mengungkapkan bahwa memandangi ikan di dalam akuarium bisa mengurangi tekanan darah dan menstabilkan ritme jantung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS