alexametrics

Arya Saloka Ungkap Perbedaan Drama Korea dan Sinetron Indonesia, Apa Saja?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Arya Saloka Ungkap Perbedaan Drama Korea dan Sinetron Indonesia, Apa Saja?
Arya Saloka. [Instagram/@arya.saloka]

Arya Saloka, pemeran Aldebaran tokoh utama sinetron Ikatan Cinta, mengaku mendapat inspirasi hasil menonton film dan drama Korea Selatan alias drakor.

Suara.com - Arya Saloka, pemeran Aldebaran tokoh utama sinetron Ikatan Cinta, mengaku mendapat inspirasi hasil menonton film dan drama Korea Selatan alias drakor.

Saat berbincang dengan Agatha Gritte, Arya bercerita bagaimana ia terinspirasi dari drama Full House dan Descendants of the Sun, untuk menggambarkan adegan di sinetron Ikatan Cinta bersama Amanda Manopo sebagai Andin.

"Karena gue nonton (film) Korea mulu terus (saat pandemi) yaudah pas ditawarin ini, akhirnya yang gue pakai adalah detail-detail apa yang gue tonton di Korea," ujar Arya di Channel YouTube Agatha Gritte, dikutip suara.com, Selasa (19/1/2021).

"Waktu itu gue film, series Full House dan Descendants of the Sun, abis itu My Sassy Girl," sambung Arya.

Baca Juga: Cara Arya Saloka Hidupkan Tokoh Aldebaran di Ikatan Cinta, Mau Tahu?

Arya mengatakan serial atau film Korea bisa diterima baik di Indonesia, karena memiliki kesamaan budaya dan karakter, khususnya dalam adegan romantis atau percintaan.

"Contoh di sini budaya Timur, jatuh cinta ke orang itu ada rasa tatap-tatapan dulu. Kalau adegan menyatakan cinta Barat langsung cium, itu nggak bisa di sini (di Indonesia). Detail (drakor) itu akhirnya bisa ke pakai, dari cara dia gestur dan segala macem," jelas Arya.

Lebih lanjut, bapak satu anak itu menerangkan perbedaan sinetron Indonesia dengan serial drama Korea, ada pada penyajian ataupun treatmen adegan yang digambarkan.

Di mana serial drakor dibuat selayaknya penampilan visual film, tapi tidak dengan sinetron Indonesia.

"Kalau di sana series treatmentnya itu film. Jadi kalau di sinetron ada tabrakan, mau jatuh dipegang harus pandang-pandangan dulu lama. Nggak sengaja megang tangan biasanya orang normal sentuhan langsung lepas, kalau sinetron ngeliatin dulu baru lepas," pungkas Arya.

Baca Juga: Tayang Perdana, Ini Bocoran Karakter Drama She Would Never Know

Komentar