alexametrics

Cara Tidur Cepat ala Tentara, Lelap dalam Hitungan Menit

Fitri Asta Pramesti
Cara Tidur Cepat ala Tentara, Lelap dalam Hitungan Menit
Ilustrasi tidur dengan kelambu. [Shutterstock]

Berikut cara tidur cepat ala tentara.

Suara.com - Semua orang membutuhkan tidur sebagai waktu istirahat dari rutinitas seharian yang melelahkan atau di sela-sela kesibukan. Namun, cepat terlelap bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Tak sedikit yang sulit mengantuk dan berujung pada kesehatan terganggu akibat kurang tidur. Jika kamu mengalami hal serupa, coba cara tidur cepat ala tentara berikut ini. 

Cara cepat untuk tidur ini telah diterapkan Tentara Amerika Serikat untuk membantu mereka tidur cepat terlelap meski berada dalam kondisi tidak tenang, misalnya di medan perang. Simak baik-baik caranya berikut ini, ya!

Rilekskan Otot Pada Area Wajah

Caranya mudah dengan:

Baca Juga: Pasien Covid-19 Sedang Pemulihan, Pastikan Tidur Cukup dan Berkualitas

  • Posisi badan terlentang dan nyaman.
  • Buat kening kamu rileks dan jangan biarkan berkerut.
  • Lemaskan kelopak mata dan jangan terlalu dirapatkan.
  • Lakukan peregangan di area mulut agar pipi dan bagian dalam mulut tidak tegang.
  • Atur Pernapasan dengan Baik
  • Bernapas menjadi hal alami bagi manusia yang dilakukan secara sadar maupun tidak disadari. Aturlah tempo napasmu untuk membantu tubuh menjadi lebih santai dan dada pun terasa lebih ringan.

Kosongkan Pikiran yang Mengganggu

Setelah badanmu rileks, sekarang waktunya pikiran di dalam otak harus kosong dan santai. Pastikan pikiran rileks dan cobalah halau segala distraksi yang mengganggu. Inilah salah satu penyebab kamu sulit tidur cepat terlelap karena otakmu masih bekerja.

Cara mengosongkan pikiran yaitu dengan membayangkan kamu sedang berbaring di dalam ruang yang gelap seperti di kamar atau sebuah taman yang indah. Katakan pada dirimu sendiri "rileks, jangan berpikir." Coba lakukan cara ini selama 10 detik hingga kamu merasa mengantuk dan terlelap tanpa sadar.

Latih Tidur di Mana Saja dan Kapan Saja

Jangan khawatir, kamu memang perlu waktu untuk berhasil mempraktikkan teknik tidur ini. Kamu hanya perlu waktu terus dan komitmen untuk melatihnya. Tentu kamu bisa menerapkan teknik ini di mana saja dan kapan saja. Kasur bukanlah menjadi syarat utama teknik tidur ini bisa dilakukan.

Baca Juga: Awas! Posisi TIdur Ini Bisa Bikin Kulit Tidak Sehat

Teknik ini sangat membantumu saat ingin tidur siang pada jam istirahat kantor. Dijamin kamu langsung terlelap dan energimu akan kembali lagi!

Kurang tidur bisa memperburuk kinerja siapapun, tidak hanya seorang tentara. Selain itu, kurang tidur bisa mengganggu kondisi kesehatan seperti meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan gangguan kemampuan otak memusatkan pikiran. Jadi, ada baiknya kamu terapkan cara tidur cepat ala tentara seperti yang diuraikan di atas, selamat mencoba!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar