alexametrics

Ini Dia Solusi Belanja Sayur Organik Murah Sekaligus Atasi Sampah Pangan

Vania Rossa
Ini Dia Solusi Belanja Sayur Organik Murah Sekaligus Atasi Sampah Pangan
Belanja sayur organik di Kecipir.com (Dok. Kecipir.com)

Di Indonesia, sampah pangan telah menjadi salah satu masalah lingkungan yang besar.

Suara.com - Banyak orang menganggap sayur organik lebih mahal daripada sayur non organik, dan hal ini membuat peminat sayur organik menjadi berkurang. Tapi, kini Anda bisa membeli sayur organik murah dengan sistem belanja bersama.

Sistem belanja bersama ini diperkenalkan oleh Kecipir.com, aplikasi belanja online sayuran organik yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belanja yang mengandung dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Tantyo Bangun, CEO Kecipir.com, dalam siaran pers menjelaskan, "Kami berupaya mengurangi food loss dengan menerapkan sistem "Belanja Patungan". Melalui sistem ini, kami mengajak pelanggan untuk belanja bersama, sehingga harga beli produk panen organik semakin terjangkau, dan membuat hasil panenan petani dapat terserap lebih maksimal. Dengan sistem ini, petani hanya perlu memanen produk yang telah terpesan, sehingga potensi food loss bisa lebih teratasi."

Food loss merupakan salah satu jenis sampah pangan yang belum sempat dikonsumsi. Di Asia Tenggara, sampah pangan ternyata justru didominasi oleh food loss, yaitu bahan pangan yang rusak saat proses produksi, penanganan pasca panen, dan distribusi (NCE Report 2018).

New Climate Economy (NCE) Report 2018 juga melaporkan bahwa jika sampah pangan adalah sebuah negara, maka negara tersebut telah menempati urutan ke-3 terbesar yang menyumbang emisi global. Di sisi lain, sampah pangan yang tidak terkelola juga dapat menghasilkan limbah cair yang mengandung logam berat, sehingga dapat mencemari lingkungan.

Baca Juga: Nggak Cukup Cuma Disiram, Yuk Kenali 3 Jenis Pupuk Organik Ini!

Di Indonesia sendiri, sampah pangan juga menjadi salah satu masalah lingkungan yang besar. Berdasarkan sumber Badan Ketahanan Pangan Kementan dan sumber lain, sampah makanan atau food waste di Indonesia mencapai 1,3 juta ton setiap tahunnya.

Besarnya permasalahan sampah pangan yang ada di Indonesia inilah yang kemudian mendorong tiga sahabat, Budhi Dyah Sitawati (Komisaris Independen PT Maybank Indonesia Tbk), Edy Hendras (Yayasan Pendidikan Konservasi Alam), dan Tantyo Bangun (Chairperson International Animal Rescue), mendirikan Kecipir.com di tahun 2015.

Kecipir.com berupaya menerapkan prinsip minim sampah plastik dan sampah pangan (food loss) mulai dari proses produksi hingga distribusi ke pelanggan. Para pelanggan Kecipir.com yang tinggal di Jabodetabek dapat dengan mudah ikut membantu mengurangi food loss hanya dengan mengikuti Belanja Patungan di Kecipir.com, lalu bagikan link produk yang telah dibeli kepada rekan-rekan lainnya agar mereka juga dapat turut berkontribusi mengurangi food loss di Indonesia.

Tak hanya itu, Belanja Patungan juga mampu menghemat uang belanja para pelanggan karena Kecipir.com menyediakan potensi cashback hingga 17% di seluruh item produk organik yang dibeli.

Dan khusus di tanggal 15-21 Maret 2021, para pelanggan Belanja Patungan juga dapat memperoleh promo cashback tambahan hingga 90% dengan memanfaatkan promo ShopeePay Super Online Deals saat menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

Baca Juga: Balitbangtan Ungkap Keunggulan Pupuk Organik Hayati Dibanding Pupuk Kimia

Saat ini Kecipir.com telah tersedia di area Jabodetabek. Info selengkapnya mengenai Belanja Patungan dapat dilihat di aplikasi/website Kecipir.

Komentar