alexametrics

Sisi Lain Youn Yuh Jung, Pemenang Oscar yang Sempat Diremehkan karena Janda

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
Sisi Lain Youn Yuh Jung, Pemenang Oscar yang Sempat Diremehkan karena Janda
Aktris Youn Yuh Jung. (Instagram/@minarimovie)

Status janda sempat membuat Youn Yuh Jung sulit diterima publik Korea Selatan.

Suara.com - Kabar membanggakan kembali datang dari dunia perfilman Korea Selatan. Aktris veteran Youn Yuh Jung baru saja menyabet piala Best Actress in a Supporting Role dalam ajang Piala Oscar yang digelar pada Minggu (25/4/2021) waktu Amerika.

Youn Yuh Jung mendapatkan penghargaan tersebut berkat aktingnya dalam film "Minari". Ini menjadikan Youn Yuh Jung sebagai aktris pertama Korea Selatan yang berhasil menang di ajang Piala Oscar.

Di balik kesuksesannya, Youn Yuh Jung menyimpan sisi lain yang cukup menyedihkan sebagai seorang perempuan berstatus janda di Korea Selatan. Ia yang awalnya tidak tertarik dengan dunia akting harus menempuh jalan tidak terduga sebelum sukses seperti sekarang.

Dilansir The New York Times, Youn Yuh Jung mundur dari dunia hiburan di tengah masa jayanya karena menikah pada pertengahan tahun 1970-an. Saat itu Youn Yuh Jung harus pindah ke Florida, Amerika Serikat untuk mendampingi sang suami yang sedang kuliah. Ia lalu menjadi ibu rumah tangga selama hampir satu dekade.

Baca Juga: Malam Piala Oscar Tak Tayang di Hong Kong untuk Pertama Kalinya Sejak 1969

Aktris Youn Yuh Jung menang Piala Oscar berkat film "Minari". (Instagram/@minarimovie)
Aktris Youn Yuh Jung menang Piala Oscar berkat film "Minari". (Instagram/@minarimovie)

Sayangnya, rumah tangga Youn Yuh Jung tidak berakhir bahagia. Ia bercerai dengan sang suami dan memutuskan kembali ke Korea Selatan bersama dua anaknya. Saat itu, kariernya di dunia hiburan sudah meredup. Youn Yuh Jung juga harus menghadapi seksisme dari publik Korea Selatan karena statusnya sebagai janda.

Dalam wawancaranya dengan Forbes, Youn Yuh Jung mengaku sempat tidak mendapat tawaran syuting karena respons negatif dari publik tentang statusnya sebagai janda. Padahal saat itu ia membutuhkan uang untuk membiayai kedua putranya.

Youn Yuh Jung jadi aktris pertama yang berhasil menang Piala Oscar. (Instagram/@minarimovie)
Youn Yuh Jung jadi aktris pertama yang berhasil menang Piala Oscar. (Instagram/@minarimovie)

"Itu mengerikan karena semua orang melupakan saya dan saya adalah seorang janda di Korea. Dulu, janda itu seperti scarlet letter (label yang biasa diberikan kepada seseorang yang melakukan perzinahan). Itu adalah waktu yang mengerikan. Saya mencoba untuk mendapatkan peran apa pun hanya demi memberi makan dua anak laki-laki saya," jelas Youn Yuh Jung dilansir Forbes.

Tapi, Youn Yuh Jung diyakinkan oleh seorang teman untuk tidak menyerah dalam berakting. Ia pun mengikuti saran temannya untuk tetap bertahan dan berjuang hingga akhirnya berhasil menembus Hollywood. Youn Yun Jung juga sadar bahwa publik Korea Selatan sekarang sangat menyukainya.

"Penonton akan menelepon (stasiun televisi) dan berkata, 'Dia adalah seorang janda. Dia seharusnya tidak ada di televisi' (pada saat itu). Sekarang mereka sangat menyukai saya, itu sangat aneh. Tapi itulah manusia," kenang Youn Yuh Jung seperti dilansir The New York Times, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Piala Oscar 2021, Mendiang Chadwick Masuk Nominasi

Komentar