alexametrics

Dulu Ditolak Magang, Viral Wanita Tuding Converse Curi Desain Sepatunya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
Dulu Ditolak Magang, Viral Wanita Tuding Converse Curi Desain Sepatunya
Sepatu Converse. (Instagram/@converse_jp)

Pihak Converse langsung buka suara soal tudingan ini.

Suara.com - Desainer wanita bernama Cecilia Monge belakangan viral di TikTok karena mengklaim rancangan sepatu terbaru Converse sangat mirip dengan karya miliknya yang terinspirasi dari "Taman Nasional".

Melansir New York Post, Cecilia melampirkan desain sepatu karyanya saat melamar program magang di perusahaan Converse pada tahun 2019. Namun, saat itu ia tidak diterima.

"Saya benar-benar menginginkan posisi itu. Saya pikir saya harus inisiatif dan membuat model Converse saya sendiri untuk menunjukkan kepada mereka bahwa saya bisa sukses dalam posisi tersebut jika mereka mempekerjakan saya," kata Cecilia melansir New York Post, Kamis (27/5/2021).

Cecilia lalu menyadari bahwa pihak Converse meluncurkan produk yang desainnya sangat mirip dengan karyanya saat melihat iklan. Ia pun membuat video TikTok untuk mengabarkan hal tersebut.

Baca Juga: Dibongkar saat Lebaran, Koleksi Sepatu Nagita Slavina Picu Salah Paham

Cecilia melampirkan foto yang menunjukkan perbandingan produk Converse dengan rancangan sepatu yang dibuat olehnya. Sekilas, keduanya terlihat cukup mirip.

Tuduhan Cecilia Monge sudah ditanggapi oleh pihak Converse. Perwakilan perusahaan membenarkan Cecilia pernah melamar magang, tapi saat itu tidak ada persyaratan untuk melampirkan portofolio desain.

Dulu Ditolak Magang, Viral Wanita Tuding Converse Curi Desain Sepatunya. (TikTok/@ceci.monge)
Dulu Ditolak Magang, Viral Wanita Tuding Converse Curi Desain Sepatunya. (TikTok/@ceci.monge)

"Pada November 2019, kandidat (Cecilia) mendaftar untuk program musim panas 2020 Converse. Program yang sangat kompetitif yang menerima ribuan pelamar setiap tahunnya. Dia tidak dipekerjakan atau lolos untuk peran apa pun," jelas perwakilan Converse.

"Program tersebut tidak menyertakan permintaan (portofolio). Begitu pula Converse tidak meminta portofolio atau sampel desain untuk dikirimkan. Sebagai masalah kebijakan hukum standar, kami tidak membagikan portofolio pelamar yang tidak diminta," lanjutnya.

Masalah inspirasi, Converse menjelaskan bahwa rancangan Chuck 70 mengambil inspirasi dari pola peta badai Nor'easter yang pertama kali dirancang April 2019. Desain ini dilanjutkan pada 2021 karena cukup populer.

Baca Juga: Paul Van Doren, Pendiri Merek Sepatu Vans Meninggal Dunia

Desain terbaru Chuck 70 mengambil konsep Hybrid World yang mengeksplorasi konsep realitas fisik dan digital dari kehidupan modern. The Great Outdoors dan Taman Nasional diakui Converse menjadi inspirasi untuk palet warna yang diterapkan di sejumlah koleksi Chuck 70, Chuck Taylor All Star, dan Apparel.

Sementara itu, Cecilia Monge sangat menyayangkan penjelasan dari pihak Converse. Kalau menurut kamu bagaimana? Apakah desain sepatu Converse mirip dengan rancangan Cecilia Monge?

Komentar