alexametrics

Sudah Tak Layak Pakai, Pria Ini Jual Sepatu Converse Pertama di Dunia Seharga Rp140 Juta

Arendya Nariswari | Amertiya Saraswati
Sudah Tak Layak Pakai, Pria Ini Jual Sepatu Converse Pertama di Dunia Seharga Rp140 Juta
Pria Jual Sepatu Converse Pertama Seharga Rp142 Juta (facebook.com/Jeroong Wia)

Begini penampilan sepatu Converse super langka tersebut.

Suara.com - Selain untuk dipakai, tak sedikit pecinta fashion yang membeli barang untuk dikoleksi. Salah satu contohnya adalah mereka yang mengoleksi item fashion vintage.

Belum lama ini, seorang pria berhasil menjual sepatu dengan harga jutaan rupiah. Sepatu keluaran merek Converse tersebut rupanya adalah barang langka.

Melansir World of Buzz, pria dengan akun Jeroong Wia di Facebook tersebut adalah kolektor barang langka. Jeroong Wia memiliki sepatu Converse pertama di dunia.

Sayangnya, pria tersebut sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi. Meski berat, pria ini merelakan sepatu langka miliknya untuk dijual.

Baca Juga: Bikin Perusahaan Fashion, Intip 6 Potret Kantor Lesti Kejora yang Bernuansa Bali

Sepatu itu sendiri sebenarnya sudah tak bisa dipakai. Selain itu, Jeroong Wia mengungkap bahwa sepatunya sudah rusak di beberapa bagian.

"Demi bertahan hidup, dengan berat hati aku harus merelakan koleksi sepatu Converse pertama di dunia yang diproduksi pada 1917 dengan nama Converse Non Skid," tulisnya pada Facebook.

Pria Jual Sepatu Converse Pertama Seharga Rp142 Juta (facebook.com/Jeroong Wia)
Pria Jual Sepatu Converse Pertama Seharga Rp142 Juta (facebook.com/Jeroong Wia)

"Semua masih lengkap kecuali tali sepatu yang sudah membusuk dan juga salah satu sol sepatu sedikit rusak," tambah penjelasan Jeroong Wia.

"Ini adalah item untuk dikoleksi, bukan untuk dipakai (kecuali kau pemilik asli sepatu ini). Sepatu ini dilengkapi sepasang celana basket dengan pelindung lutut untuk permainan basket di masa lalu, dan celananya dibuat tahun 1916."

Jeroong Wia menambahkan bahwa sepatu serupa hanya bisa ditemukan di Museum Converse di Boston. Lantaran langka, ia pun menjual sepatunya dengan harga RM 40.800 atau sekitar Rp142 juta.

Baca Juga: 5 Anak Artis Punya Bisnis Sendiri, Mulai dari Brand Fashion hingga Jualan Emas

Untunglah, sepatu langka tersebut laku terjual dalam waktu kurang dari 24 jam. Sepatu Converse pertama itu dibeli oleh kolektor lain bernama Dynamo Rasqputin.

Meski mahal, kolektor satu ini mengungkap jika dirinya rela mengeluarkan banyak uang dengan alasan investasi.

"Kita lihat berapa mahal aku bisa menjual sepatu ini di luar negeri. Untuk mereka yang menyebutku bodoh, aku berjanji akan membuktikannya sekali lagi bahwa ini adalah investasi jenis baru. Aku akan membuktikan bahwa mengoleksi barang vintage juga merupakan bisnis," ungkap Dynamo Rasqputin.

Komentar