alexametrics

5 Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Tanaman Kaktus Mati

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Tanaman Kaktus Mati
Calon pembeli memilih tanaman kaktus mini di Kampung Kaktus Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (6/10/2020). [ANTARA FOTO/Nova Wahyudi]

Berikut beberapa penyebab yang bisa membuat kaktus mati dan cara mencegahnya.

Suara.com - Kaktus sering dipilih untuk dipelihara karena cara perawatannya yang dianggap mudah. Meski begitu, rupanya merawat kaktus juga tidak bisa sembarangan loh! Kamu tetap memerlukan beberapa trik perawatan supaya kaktus dapat tumbuh dengan baik.

Dilansir dari Home Guide SF Gate, kaktus mati biasanya disebabkan oleh permasalahan kelembapan berlebih di sekitar akar.

Namun, masih ada beberapa faktor lain seperti kadar air, patogen atau teknik penanaman. Penasaran apa saja faktor yang dapat membuat kaktus mati? Yuk, simak uraian tentang penyebab kaktus mati dan cara mencegahnay berikut ini!

Ilustrasi kaktus (Pixabay/milivanily)
Ilustrasi kaktus (Pixabay/milivanily)

1. Penanaman terlalu dalam

Baca Juga: Mengenal Kaktus, Tanaman Hias yang Hits dan Minimalis

Perlu diingat bahwa penting untuk memposisikan kaktus pada kedalaman tanah yang sama dengan saat ditanam di pembibitan atau wadah sebelumnya. Intinya, semua jaringan batang hijau harus tetap berada di atas tanah.

Apabila kaktus yang ditanam miring, coba sangga dengan media penyangga dari kayu dan hindari untuk menambahkan tanah.

2. Pembusukan Jamur

Jenis jamur seperti Fusarium, Armillaria hingga Pytophtora berpotensi menyerang kaktus. Kaktus yang terserang jamur ini biasanya akan menjadi lambat dalam bertumbuh sehingga lambat laun membusuk atau bahkan mati.

Masalah ini dapat dihindari dengan menyimpan kaktus dalam lokasi yang baik dengan drainase yang cukup dan penyiraman tidak berlebihan serta cepat membersihkannya sebelum jamur menyebar.

Baca Juga: 4 Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

3. Terlalu banyak air