alexametrics

Cara Mudah Atasi Aglonema Layu, Cuma Butuh Larutan Bawang Putih dan Merah

Arendya Nariswari
Cara Mudah Atasi Aglonema Layu, Cuma Butuh Larutan Bawang Putih dan Merah
Tanaman hias jenis aglonema. (Pixabay/PENEBAR)

Tak perlu panik, begini cara mudah atasi aglonema layu dengan larutan bawang merah dan putih.

Suara.com - Pertanyaan tersebut mungkin kerap ditemui pemilik aglonema saat menyadari daun di koleksi tanaman hias  mulai melengkung ke bawah. Lalu bagaimana cara mudah atasi aglonema layu?

Nah tentu saja penanganan pertama pada aglonema layu ini penting untuk dimiliki mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk memelihara aglonema.

Dilansir dari YouTube Shanz Berkebun, Jumat (27/8/2021), ternyata larutan bawang putih dan bawang mewah ampuh mengatasi aglonema layu, dengan cara berikut.

Bahan:

Baca Juga: 6 Cara Merawat Lidah Mertua Agar Tumbuh Subur, Begini Tips Mudahnya

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 liter air dalam ember

Cara membuat larutan bawang merah dan bawang putih:

  1. Potong tipis-tipis bawang merah dan putih yang sudah disiapkan
  2. Campurkan irisan bawang ke dalam ember yang telah diisi air sebanyak 5 liter
  3. Pastikan bahwa seluruh irisan bawang terendam dan diamkan selama 1-2 jam, agar cairan pada bawang merah dan bawang putih menyatu dengan air.
  4. Setelah didiamkan, ambil air larutan sebanyak 200 ml untuk 1 tanaman aglonema yang layu
  5. Siramkan air larutan bawang merah dan bawang putih tersebut media tanam aglonema, tepatnya di dekat bagian akar (pastikan larutan tidak mengenai daun aglonema yang layu, karena bisa menyebabkan pembusukan dan membuat daun semakin layu atau lembek)

Pemberian larutan bawang merah dan bawang putih ini dapat digunakan untuk memperbaiki aglonema layu. Reaksi larutan bawang merah dan bawang putih pada aglonema baru akan terlihat setelah 1-2 minggu pemakaian, tergantung jenis aglonema.

Selain dapat diberikan pada aglonema yang layu, larutan bawang merah dan bawang putih ini juga dapat diberikan pada aglonema yang sehat setiap 10 atau 14 hari sekali untuk mencegah aglonema terkena serangan hama atau bakteri.

Jumlah penggunaan bawang merah dan bawang putih juga dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan layu. Misalnya hanya ada sedikit daun aglonema yang layu, maka cukup campurkan 1 siung bawang merah dan ½ suing bawang putih dengan 1 liter air.

Demikian informasi mengenai cara pengobatan daun yang layu pada aglonema menggunakan larutan bawang merah dan bawang putih, semoga membantu!

Baca Juga: 5 Penyebab Aglonema Tak Bertunas yang Jarang Diketahui Para Pemiliknya

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar