alexametrics

5 Tips Atasi Mommy Brain, Pelupa Setelah Jadi Ibu

Vania Rossa
5 Tips Atasi Mommy Brain, Pelupa Setelah Jadi Ibu
Ilustrasi pelupa. (Shutterstock)

Jangan panik, jadi pelupa bukan berarti Anda jadi pikun!

Suara.com - Lupa adalah hal yang lumrah dialami setiap orang. Tapi, bagaimana kalau lupa menjadi semakin intens setelah Anda menjadi ibu? Mungkin Anda mengalami apa yang disebut mommy brain, yaitu kondisi sering lupa pada ibu yang baru melahirkan.

Melansir dari Verywell Family, mommy brain diyakini disebabkan oleh perubahan struktur pada otak yang dipengaruhi oleh perubahan hormon pascapersalinan, terutama hormon oksitosin.

Hormon ini dapat memengaruhi bagian otak yang berperan dalam pembentukan memori, sehingga Anda mungkin akan melupakan memori tertentu yang dianggap otak tidak penting.

Konon, perubahan struktur dalam otak ini bisa berlangsung setidaknya sampai 2 tahun. Duh!

Baca Juga: Bener Nggak Sih Ibu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini Faktanya!

Lalu, adakah cara menyiasati supaya tak mudah lupa? Tenang saja. Anda bisa menyiasati kondisi ini dengan melakukan 5 tips berikut.

1. Bikin daftar tugas
Meski kelihatannya sepele, mencatat apa yang harus dilakukan selama seharian akan sangat membantu Anda mencegah lupa. Anda bisa mencatat menu yang akan dimasak hari itu, tugas yang harus diselesaikan, tempat yang harus didatangi, serta agenda lainnya di hari itu.

Buat catatan sejak malam sebelumnya, atau di pagi hari ketika anak masih terlelap.

Mencatat juga akan menghindari Anda dari terburu-buru karena segala sesuatunya berjalan sesuai alokasi waktu yang sudah direncanakan.

2. Meditasi
Menjadi seorang ibu baru memang melelahkan. Semua kebutuhan anak sangat bergantung pada Anda. Kondisi ini berpotensi menyebabkan stres. Dan stres bisa memicu lupa yang lebih parah.

Baca Juga: Ibu dan Adik Singgung Soal Pacar Baru Larissa Chou, Netizen: Dapat Koko Ya

Jangan panik, Anda bisa mengurangi stres dengan meditasi. Selain mengurangi stres, meditasi juga akan membantu meningkatkan daya ingat dan fokus pikiran Anda.

Komentar