alexametrics

Bolehkah Anjing Makan Tomat dan Apa Bahayanya jika Mereka Memakannya?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Bolehkah Anjing Makan Tomat dan Apa Bahayanya jika Mereka Memakannya?
Ilustrasi anjing (Elements Envato)

Apakah tidak masalah jika anjing makan tomat? Jika ada efek buruknya, seperti apa?

Suara.com - Bisakah anjing makan tomat? Jawabannya adalah ya, anjing boleh memakan tomat. Namun ada beberapa pengecualian dan hal-hal yang harus diketahui sebelum anjing makan tomat

Perlu diketahui bahwa tomat termasuk dalam keluarga nightshade, dan beberapa bagian-bagiannya mengandung zat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Keracunan akibat makan tomat memang jarang terjadi. Namun, hal itu bisa terjadi, terutama jika anjing masuk ke kebun tomat yang masih mentah sehingga lebih berbahaya.

Menyadur Dogtime.com, secara umum, jenis tomat matang dan polos tanpa batang serta daunnya, aman untuk dimakan anjing. Namun, kamu harus selalu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum berbagi makanan tomat, khususnya pada anjing kesayangan.

Mengapa Tomat Baik untuk Anjing?

Tomat mengandung nutrisi yang baik untuk anjing jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Tomat rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Nyaris Tewas saat Coba Selamatkan Anjing, Wanita Ini Derita Luka Bakar Parah

Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)
Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)

Tomat mengandung likopen yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kekuatan tulang, beta-karoten yang dapat meningkatkan kognisi, vitamin A yang membantu penglihatan, dan vitamin C yang baik untuk kulit.

Tomat juga memiliki mineral seperti folat dan potasium yang bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan otot.

Kapankah Tomat menjadi Buruk untuk Dikonsumsi Anjing?

Tomat mentah yang berwarna hijau, termasuk batang dan tanaman merambat, mengandung racun yang disebut solanin. Umumnya, tomat mentah memiliki sejumlah kecil solanin yang tidak akan membahayakan anjing. Namun, ketika dimakan dalam jumlah besar, itu dapat menyebabkan masalah untuk anjing.

Ini harus menjadi perhatian bagi pemilik anjing yang sekaligus punya kebun tomat sehingga mungkin ada banyak tomat mentah dan anjing bisa memakannya. Jadi, jangan biarkan anjing makan tomat mentah dari kebun.

Baca Juga: Keunikan Rumah Adat Jawa Barat, Pakai Nama Hewan Anjing dan Badak

Tanda keracunan tomat yang paling umum terjadi pada anjing adalah gangguan pencernaan, mulai dari muntah, diare, kantuk, kebingungan, detak jantung yang tidak normal, dan gejala lainnya. Jika kamu melihat tanda-tanda anjing keracunan tomat, pergilah ke dokter hewan.

Produk olahan tomat, seperti saus, sup, atau jus, mungkin tidak baik untuk kesehatan anjing, terutama karena banyak mengandung garam, gula, perasa buatan, atau bahan lain yang berbahaya. Hal yang terbaik adalah menghindari memberi anjing produk tomat apapun.

Ilustrasi anjing husky. (Unsplash/__ drz __)
Ilustrasi anjing husky. (Unsplash/__ drz __)

Risiko Alergi jika Anjing Makan Tomat

Seperti hampir semua makanan, ada risiko anjing mengalami alergi terhadap tomat. Dalam kasus yang jarang terjadi, reaksi alergi dapat menyebabkan anafilaksis, yaitu kondisi yang berpotensi mematikan. Jika anjing menunjukkan tanda-tanda seperti batuk, bersin, gatal-gatal, bengkak, kesulitan bernapas, atau gejala alergi lainnya, berhentilah memberikan tomat kepada anjing dan hubungi dokter hewan.

Beberapa anjing memiliki kondisi medis, seperti refluks asam atau masalah pencernaan, yang dapat diperburuk oleh tomat. Konsultasikan kepada dokter hewan sebelum memberi anjing berbagai jenis makanan baru untuk memastikan anak anjing dapat memakannya dengan aman.

Langkah Tepat Memberikan Tomat untuk Anjing

Jika dokter hewan menyatakan tomat aman untuk anjing, pastikan kamu memilih tomat merah matang yang batang, daun, dan sulurnya dihilangkan.

Sajikan tomat segar tanpa aditif seperti garam yang bisa berbahaya bagi anjing. Pastikan pula untuk mengetahui sumber tomat guna menghindari pestisida dan herbisida yang dapat membuat anjing sakit.

Itulah ulasan mengenai panduan anjing makan tomat untuk mengetahui keamanannya bagi kesehatan anjing. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar