alexametrics

Cara Membersihkan Kloset di Toilet yang Tepat, Cuma 5 Langkah

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Membersihkan Kloset di Toilet yang Tepat, Cuma 5 Langkah
Ilustrasi toilet [elements.envato]

Bagaimana cara membersihkan kloset yang mudah dan efektif? Berikut ulasannya.

Suara.com - Bersihkan kloset di kamar mandi rumah secara rutin. Untuk menerapkan cara membersihkan kloset yang tepat, gunakan perlengkapan pembersih kamar mandi yang tepat pula.

Dilansir dari Molly Maid, ikuti lima langkah membersihkan kloset di toilet berikut untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap dengan cepat dan efisien!

Siapkan Perlengkapan Pembersih Toilet

Simpan perlengkapan ini dalam wadah untuk memisahkannya dari perlengkapan pembersih lainnya. Bukan ide yang baik untuk membersihkan wastafel dengan spons toilet atau mencuci piring dengan sarung tangan karet yang sama.

Baca Juga: 12 Toilet Terunik di Dunia, Ada Toilet Emas 18 Karat dan Kloset Jongkok

  • Sarung tangan karet tahan air
  • Spons scrub pembersih
  • Cuka
  • Sikat toilet
  • Semprotan desinfektan serbaguna
  • Kain atau handuk
  • Batu apung
  • Handuk kertas
Ilustrasi membersihkan kloset atau toilet. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan kloset atau toilet. (Shutterstock)

Cara Membersihkan Kloset

Setelah menyiapkan perlengkapan untuk membersihkan kloset, ikuti langkah-langkah berikut secara berurutan.

  1. Mulailah dengan mengoleskan pembersih toilet ke mangkuk kloset, dan biarkan meresap. Jika Anda menggunakan cuka sebagai pengganti pembersih toilet, cukup tuangkan cangkir ke dalam mangkuk. Gosokkan pembersih dengan cepat di sekitar mangkuk dengan kuas.
  2. Saat pembersih meresap, semprot bagian luar toilet dengan disinfektan serbaguna. Jika toilet sangat kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan tisu dan buang ke tempat sampah.
  3. Selanjutnya, gunakan spons scrub untuk membersihkan bagian luar toilet. Perhatikan alas dan lantai di sekitar toilet saat Anda berada di sana. Jika Anda memiliki toilet modern dengan dudukan toilet quick-disconnect, lepas dudukan dan bersihkan secara terpisah.
  4. Setelah bagian luar bersih, gunakan sikat toilet untuk membersihkan mangkuk. Untuk membersihkan noda, gunakan batu apung untuk menghilangkannya.
  5. Anda tahu area di bawah tepi di mana air mengalir? Karena ini tidak terlihat, banyak orang tidak menggosoknya. Jangan abaikan daerah ini! Gunakan sikat atau spons untuk membersihkan bagian bawah.

Tidak banyak orang yang senang membersihkan toilet. Tetapi seperti kebanyakan perawatan rumah tangga, membersihkan kloset toilet secara teratur akan membuat prosesnya lebih mudah di lain waktu. Cara membersihkan kloset yang tepat juga menghilangkan bakteri berbahaya dan mineral buruk atau penumpukan tanah.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Baca Juga: Toilet Kuno Langka Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Komentar