alexametrics

Saat Bisnis Jatuh, Ini Cara Jitu Buat Bangkit Dari Kegagalan

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Saat Bisnis Jatuh, Ini Cara Jitu Buat Bangkit Dari Kegagalan
Ilustrasi stres bisnis jatuh. (freepik.com/pressfoto)

Kegagalan adalah hal yang biasa dalam bisnis. Dan, ada cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dari kegagalan.

Suara.com - Dalam berbisnis, ada masanya Anda mengalami kesulitan, mulai dari produk tidak laku, kerugian, perpecahan dengan rekan bisnis, bahkan bangkrut.

Meski begitu, bukan berarti Anda boleh menyerah. Kegagalan adalah hal yang biasa dalam bisnis. Dan, ada cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dari kegagalan. Berikut paparan dari Co-Founder & Director of Anomali Coffee, Irvan Helmi, dalam acara ShopeePay Talk bertema Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng, Selasa (19/10/2021).

“Jadi yang pertama itu kita jangan terlalu pede, misalnya bisnis kita paling kuat,” ungkapnya.

Irvan mengatakan, perlu adanya vulnerable alias keterbukaan diri dalam berbisnis. Sebab jika suatu waktu mengalami kejatuhan, seorang pebisnis akan menerima diri dan berusaha buat bangkit.

Baca Juga: Inspiratif! Suami Kena PHK, Sejumlah Istri di Semarang Buat Bisnis Jamu Omset Puluhan Juta

“Menurut saya, kalau kita punya vulnerable, jatuh itu normal dianggapnya,” ungkapnya lebih lanjut.

“Kalau kita ekspos dan butuh pencerahan, misalnya, kita jangan menutup diri. Makanya kalau kita ada partner, kita bisa diskusi bersama partner,” lanjut Irvan.

Dalam bisnis yang Irvan jalankan, ketika dirinya sempat mengalami masa jatuh-bangun, ia mengaku beruntung memiliki partner dan tim yang kompak. Bukan hanya pemiliknya yang kuat, namun semangat dari partner dan tim bisa jadi pondasi yang penting.

“Akhirnya itu yang bisa bikin nggak down, jadi down itu bener-bener very normal dan kita perlu bangkit saja. Karena kita pasti bisa,” kata Irvan.

“Jadi bersyukur punya tim yang kompak dan mentalnya kuat. Dan itu membuat kita yang merasa down, menganggap itu suatu kewajaran,” pungkas Irvan.

Baca Juga: Selain Bikin Populer, Ini Cara Hitung Cuan Para YouTuber

Komentar