alexametrics

Jadi Penulis Online, Ibu Rumah Tangga Bisa Hasilkan Lebih dari Rp 1 Juta Sebulan

Vania Rossa
Jadi Penulis Online, Ibu Rumah Tangga Bisa Hasilkan Lebih dari Rp 1 Juta Sebulan
Ilustrasi penulis online. (Unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Profesi penulis online bisa jadi salah satu cara untuk menghasilkan uang tambahan selama pandemi.

Suara.com - Menjadi penulis online adalah profesi yang menjanjikan secara finansial, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Banyak ibu rumah tangga memanfaatkan platform menulis online untuk menghasilkan uang.

Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan KBM App, aplikasi membaca dan menulis online yang berawal dari Komunitas Bisa Menulis, pada Agustus 2021, dengan melibatkan 389 responden se-Indonesia.

Para responden yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga rata-rata menjadikan penulis online sebagai pekerjaan utama. Dalam satu bulan, 38% di antara responden ibu rumah tangga bisa mengantongi lebih dari Rp 1 Juta yang mayoritas digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Sebanyak 94% penulis di KBM App merasa terbantu secara finansial atas penghasilan tambahan yang mereka dapatkan, terlebih karena keuangan mereka juga terdampak pandemi.

Baca Juga: 8 Artis Fokus Jadi Ibu Rumah Tangga, Jarang Muncul di Layar Kaca

Hal tersebut memungkinkan karena KBM App memiliki fitur monetisasi yang menguntungkan bagi penulis. Sebanyak 69% responden survei mengungkapkan bahwa mereka menyukai KBM App karena menawarkan bagi hasil yang lebih besar dan proses pencairan yang cepat dibandingkan dengan platform lain.

Sementara itu, peraturan yang tidak mengikat dan membebaskan karya untuk dipublikasi ulang menjadi pertimbangan dari 71% responden. Dengan kelebihan tersebut, 68% penulis KBM App yakin bahwa platform ini dapat memberikan nafkah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa depan.

CEO KBM App Tendi Murti menjelaskan bahwa fitur monetisasi KBM App memberikan sistem bagi hasil yang menjanjikan bagi penulis.

“Dari koin yang dibeli pembaca, sebanyak 60-70% langsung masuk ke penulis. KBM App punya misi untuk bisa menyejahterahkan penulis dan mengajak lebih banyak orang untuk menjadi penulis lewat platform online,” katanya, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com.

KBM App yang diluncurkan pada Mei 2021 ini juga ingin menularkan keyakinan jika menjadi penulis online adalah profesi yang menjanjikan secara finansial, utamanya di saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tekuni Bisnis Online, Ibu Rumah Tangga di Gunungkidul Bisa Raup Rp500 Ribu Sehari

Sebanyak 45% dari para ibu rumah tangga belum berpengalaman sebagai penulis, baik menulis secara online maupun menerbitkan buku fisik. Namun setelah menjadi penulis online di KBM App, sekitar 47% responden ibu rumah tangga mengalokasikan waktu lebih dari 3 jam per hari untuk menulis. Adapun genre yang menjadi favorit mereka adalah drama rumah tangga.

Komentar