alexametrics

7 Alasan Kucing Tidur Terus, Apakah Berbahaya untuk Kesehatan si Anabul?

Arendya Nariswari
7 Alasan Kucing Tidur Terus, Apakah Berbahaya untuk Kesehatan si Anabul?
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Sering khawatir dengan kebiasaan anabul? Simak penjelasan tentang mengapa kucing tidur terus berikut ini.

Suara.com - Meski dikenal sebagai salah satu binatang peliharaan yang aktif, tidak jarang kita melihat kucing menghabiskan waktu mereka untuk tidur seharian. Kebiasaan kucing tidur terus ini tak jarang membuat sang pemilik khawatir.

Lantas, apakah ada alasan khusus mengapa kucing bisa menghabiskan waktunya seharian hanya untuk tertidur seperti sedang kelelahan?

Dilansir dari laman dailypaws.com, Kamis (9/12/2021) berikut 7 alasan kucing tidur terus sepanjang hari.

  • Kucing aktif di malam hari

Kucing sebenarnya merupakan salah satu hewan nokturnal atau krepuskular (aktif di pagi dan sore hari). Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di siang hari untuk tidur dan baru memulai perburuan di malam hari.

Baca Juga: 5 Makanan Anak Kucing yang Aman Dikonsumsi: Bisa Air Tajin hingga Keju

Namun, untuk beberapa kucing peliharaan mungkin sudah terbiasa mengikuti jadwal tidur pemiliknya. Meski begitu, sifat alami kucing sebagai hewan yang aktif di malam hari mungkin tidak hilang sepenuhnya.

  • Mode hemat energi

Sifat naluriah lain dari kucing adalah seekor pemburu. Meski sudah menjadi hewan peliharaan bukan berarti mereka benar-benar kehilangan kemampuan satu ini.

Dengan begitu, maka tidak heran jika kucing tidur terus-menerus sepanjang hari. Ini semua, anabul lakukan demi menghemat energi ketika tiba waktunya mereka harus berburu.

  • Tidak benar-benar tidur

Jangan pikir bahwa semua kucing yang terlihat memejamkan mata benar-benar tertidur. Beberapa diantara mereka hanya mengambil jeda sejenak. Biasanya, mata kucing memang tertutup, namun telinga dan ekornya tetap bergerak yang menandakan bahwa mereka bisa mendengarkan perubahan sekitar.

  • Kucing merasa bosan

Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa merasa bosan. Salah satu cara kucing menghadapinya adalah dengan tidur sepanjang hari. Nah, supaya kucing peliharaan tidak bosan bermain di dalam rumah, kamu bisa membuatkan arena bermain sederhana.

Baca Juga: Tidur di Bioskop, Lelaki Ini Ditinggal Pacar yang Kesal

Dengan begitu, kucing akan menjadi sedikit sibuk dan tidak menghabiskan waktunya dengan tidur.

  • Kucing stress

Salah satu cara kucing meredakkan stress adalah dengan bersembunyi atau menghabiskan waktu dengan tidur. Sayangnya ciri satu ini masih sulit dilihat untuk memastikan apakah anabul satu ini benar-benar stress. Jadi sebaiknya, konsultasikan perilaku kucing yang menyendiri kepada dokter hewan.

  • Kucing sakit atau tidak nyaman

Alasan kucing tidur terus sepanjang hari selanjutnya adalah merasakan bahwa badan mereka tidak dalam kondisi yang fit. Apalagi, untuk kucing yang memiliki berat badan berlebih, mereka akan kesusahan untuk bergerak sehingga menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat.

Namun, untuk identifikasi lebih lanjut, bawalah kucing ke dokter hewan.

  • Hujan

Lagi-lagi, sama halnya dengan manusia. Suasana yang dingin karena hujan juga bisa menjadi alasan kucing tidur seharian. Mereka biasanya terlihat menguap kemudian mencari tempat terbaik untuk beristirahat.

Meski begitu, tentu saja sifat ini dipengaruhi oleh ras, usia, kesehatan, dan temperamen kucing itu sendiri.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar