facebook

Tips Mengolah Rempeyek Renyah Tak Keras Digigit, Dijamin Super Krenyes!

Risna Halidi
Tips Mengolah Rempeyek Renyah Tak Keras Digigit, Dijamin Super Krenyes!
Ilustrasi: Peyek Bu Cetar. (YouoTube Anak Kuliner)

Berikut ini tips mengolah rempeyek agar renyah dan tak keras digigit.

Suara.com - Peyek atau rempeyek merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras. Rempeyek dibuat beragam mulai dari rempeyek kacang-kacangan, teri sampai udang.

Dikutip dari beragam sumber, berikut ini tips mengolah rempeyek agar renyah dan tak keras digigit.

1. Campur Tepung Sagu
Membuat rempeyek dengan tepung terigu sebagai bahan utama akan menghasilkan tekstur rempeyek yang keras. Untuk itu penting menambahkan tepung sagu agar rempeyek memiliki tekstur yang lebih ringan.

Setiap 200 gr tepung beras cukup tambahkan 2 sdm tepung sagu. Jangan terlalu banyak sebab bisa membuat peyek mudah hancur.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Alam Bogor Kekinian dan Instagramabel

2. Buat Adonan yang Encer
Adonan rempeyek baiknya encer agar bisa melebar saat digoreng. Untuk campuran tepung gunakan santan encer agar rasa semakin gurih. Kamu bisa menambahkan irisan daun jeruk sebagai penyedap.

3. Rendam Kacang Semalaman Kemudian jemur
Sebelum membuat peyek kacang, rendam kacang selama semalam. Setelah itu jangan mengolahnya langsung, tiriskan hingga kering. Jika kacang masih basah, teksturnya akan keras.

4. Cara Menggoreng
Untuk menghasilkan peyek yang renyah, tuangkan adonan peyek secara perlahan. Dengan cara disiram ke pinggir-pinggir penggorengan. Biarkan adonan mengering sendiri dan masuk ke dalam minyak sendiri.

5. Perhatikan Api
Saat menggoreng perhatikan api kompor agar stabil dan tidak gosong. Dan pastikan goreng saat minyak benar-benar panas agar tepung tidak menyerap minyak.

6. Saring dan Lapisi Tempat Penyek
Ketika matang jangan lupa buat saringan atau peniris. tunggu hingga minyak pada peyek tak menetes lagi. Letakkan pada wadah yang dilapisi kertas minyak atau tisu agar peyek tidak berminyak.

Baca Juga: Resep Bubur Sumsum Takaran Sendok, Super Lembut dan Enaknya Lumer di Mulut

7. Simpan di Toples Kedap Udara
Setelah semua peyek sudah ditiriskan simpan padda tempat yag kedap udara dan pastikan saat menyimpan sudah dalam keadaan dingin.

Kontributor : Cahya Hanifah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar