facebook

Tampil Kece dan Profesional, Ini Tips Padu Padan 4 Gaya Busana Kantor

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Tampil Kece dan Profesional, Ini Tips Padu Padan 4 Gaya Busana Kantor
Ilustrasi gaya busana kantor. (unsplash.com/@ruthson_zimmerman)

Yang mana gaya busana kantor Anda?

Suara.com - Setiap kantor memiliki aturan berpakaian masing-masing. Meski begitu, satu aturan tak tertulis yang wajib kamu terapkan apapun dress code di kantormu, yaitu kamu harus tampak profesional.

Tampil profesional tak selalu identik dengan gaya berpakaian formal. Bahkan gaya berpakaian casual sekalipun bisa tampak profesional jika kamu tahu aturan padu padannya.

Nah, apa saja tips padu padan yang sesuai dengan gaya busana kantormu? Ini inspirasinya buat kamu, melansir dari laman Dalahi Ortiz.

1. Gaya busana casual
Dengan pertumbuhan start-up yang begitu masif, busana profesional telah mengalami banyak pergeseran. Kini, bukan lagi hal yang tabu untuk memakai kaos dan denim ke kantor. Hal ini terutama banyak diterapkan pada lingkungan kerja di mana Anda tidak bertemu langsung dengan klien atau pelanggan.

Baca Juga: Ingin Menjadi Penulis Profesional? Pelajari Lewat Buku 'Karier Top Sebagai Penulis'

Bahkan beberapa perusahaan yang tak sepenuhnya mengadopsi gaya busana ini, kini mulai melonggarkan aturan berpakaian dengan menerapkan dress code yang lebih santai di hari Jumat.

Tapi ingat, meski bergaya busana kasual, bukan berarti boleh asal, ya. Hindari pakaian robek, celana pendek bermuda, atau atasan tanpa lengan. Sweater masih bisa dipilih, serta sepatu datar untuk karyawan wanita dan sepatu kets untuk pria.

2. Gaya busana smart casual
Gaya busana kantor semacam ini paling disukai, terutama pada kantor yang memiliki karyawan di bawah usia 40an. Gaya busana ini memberikan perpaduan antara tampilan sporty dan elemen yang lebih elegan.

Secara keseluruhan, gaya busana ini tampak profesional dan nyaman, yang memungkinkan Anda untuk terlihat ramah tanpa kehilangan kredibilitas. Misalnya saja paduan blazer dan kemeja tanpa dasi untuk pria, serta blus warna pastel dan celana lebar atau gaun selutut untuk wanita.

3. Gaya busana bisnis casual
Gaya busana ini memberi tampilan kantor yang agak formal. Profesionalisme memainkan peran penting, tetapi masih ada ruang untuk kenyamanan, dan untuk bermain dengan aksesori. Ini adalah tampilan yang ideal untuk perusahaan yang terstruktur, terutama jika Anda merencanakan makan siang bisnis atau pertemuan dengan klien.

Baca Juga: Anggun C Sasmi Bawa Tas Unik Senilai Rp34 Juta, Warganet Bingung Cara Pakainya

Untuk pria, setelan jas dianjurkan, tetapi tanpa dasi. Sementara untuk wanita dapat fokus pada rok selutut atau celana kain yang berpotongan lurus. Gunakan warna-warna lembut, seperti pink dan krem, serta warna-warna pastel.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar