facebook

Cerita Prisia Nasution Aktif Kampanyekan Kepedulian Pada ODGJ

Bimo Aria Fundrika
Cerita Prisia Nasution Aktif Kampanyekan Kepedulian Pada ODGJ
Prisia Nasution [Suara.com/Sumarni]

Ia dan beberapa rekannya juga aktif mengkampanyekan gerakan sosial "Peduli itu Tidak Diam". yang menyasar pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Suara.com - Prisia Nasution selama ini dikenal sebagai publik figur dan juga aktris. Tapi di balik pekerjaan utamanya, ia punya kepedulian sendiri terhadap orang Dengan Gangguan Jiwa.

Bahkan, ia dan beberapa rekannya juga aktif mengkampanyekan gerakan sosial "Peduli itu Tidak Diam". yang menyasar pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Kegelisahan saya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016, saat itu ada satu momen dimana saya melihat seorang ODGJ sedang berada di jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan," ujar Prisia dalam keterangannya, Selasa, (18/1/2022).

Hal itu terus membekas dalam ingatannya. Sehingga kemudian ia terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ.

Baca Juga: Warga Sambas Heboh Kerangka Manusia Tergeletak di Jalan, Pelaku Ternyata ODGJ

"Yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100 persen tidak benar. Banyak dari mereka yang juga bisa secara perlahan sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu yang lama dan tentunya perhatian dari kita," kata Prisia.

Ia melanjutkan bahwa pada dasarnya ODGJ bisa berinteraksi dengan sesama. Ia juga menekankan bahwa tanggung jawab untuk memperhatikan ODGJ bukan hanya pada pemerintah.

"Sebagai sesama umat manusia kita pun bisa membantu meringankan beban mereka baik dalam bentuk dukungan materi dan non materi. Kita pun bisa juga mengidap ODGJ karena kita tidak mampu meredam stress dalam keseharian kita," kata dia.

"Untuk itu perlu adanya wadah yang baik guna membantu ODGJ dan juga mencegah orang-orang supaya tidak centering mengidap ODGJ."

Kolaborasi KPF x BARDI meliputi 5 rangkaian program diantaranya Sports Charity Program, yang didukung oleh beberapa publik figur yang merupakan KPFriends dan teman-teman ODGJ, dimana mereka akan berolahraga khususnya bermain bola basket bersama.

Baca Juga: Truk Pengangkut Es Krim Dibajak ODGJ saat Ditinggal Sopir, Pemotor Jadi Korban

Sports Charity Program ini adalah program ke 2 yang dijalankan oleh KPF setelah sebelumnya digelar pertama kali di 3 Oktober 2021, bertepatan dengan hari kesehatan mental sedunia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar